Strategi Pelayanan Simudha (Simpanan Mudharabah) dalam menjaga Loyalitas Anggota ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Koperasi Syariah Serba Usaha (Kssu) Harum Dhaha Kediri)

Sari, Widya Ratna (2020) Strategi Pelayanan Simudha (Simpanan Mudharabah) dalam menjaga Loyalitas Anggota ditinjau dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Koperasi Syariah Serba Usaha (Kssu) Harum Dhaha Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300716 PRABAB.pdf

Download (348kB)
[img] Text
931300716 BAB I-1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
931300716 BAB II-1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
931300716 BAB III-1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
931300716 BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
931300716 BAB V-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
931300716 BAB VI-1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
931300716 daftar pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text
931300716 LAMPIRAN I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peranan koperasi dalam kehidupan masyarakat tidak dapat dilepaskan dari keberadaan anggota yang sudah seharusnya mendapatkan pelayanan terbaik dari lembaga. Anggota yang esensinya merupakan harta (asset) lembaga yang paling utama harus dijaga keberadaannya. Kemampuan mengadaptasi strategi pelayanan yang tepat menjadi alat untuk menjaga loyalitas anggota. Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kediri adalah lembaga keuangan yang mempunyai produk penghimpunan dana dan pembiayaan. Produk penghimpunan dana yang digandrungi anggota adalah Simudha (Simpanan Mudharabah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan simudha (simpanan mudharabah) dalam menjaga loyalitas anggota ditinjau dari manajemen syariah di Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Penulis menggunakan beberapa hal untuk bisa memperoleh data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang akhirnya di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diantaranya direktur, karyawan, dan anggota Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kediri. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamatan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi pelayanan Simudha (Simpanan Mudharabah) dalam menjaga loyalitas anggota di Koperasi Syariah Serba Usaha (KSSU) Harum Dhaha Kediri adalah menggunakan pendekatan kekeluargaan dengan menerapkan 5 penentu kualitas pelayanan seperti: kehandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empaty), produk-produk fisik (tangibles) dan semua hal tersebut masuk kategori dijalankan dengan baik. Terbukti adanya penambahan jumlah anggota Simudha (Simpanan Mudharabah) mulai tahun 2016 sampai 2019. Sedangkan, Strategi pelayanan Simudha (Simpanan Mudharabah) dalam menjaga loyalitas anggota ditinjau dari manajemen syariah adalah beberapa sudah sesuai manajemen syariah, seperti keadilan dalam memberikan pelayanan yang sama antar anggota. Sementara yang belum sesuai dengan manajemen syariah yaitu komunikatif yang terjadi kesalahpahaman mengenai perbedaan pencatatan tanggal pada kwitansi simpanan dengan buku tabungan Simudha (Simudha Mudharabah) anggota. Selanjutnya amanah dan pertanggungjawaban yang terjadi keterlambatan antar jemput simpanan dikarenakan kurangnya sumber daya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:37
Last Modified: 20 Apr 2021 07:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item