Teknik Pengelolaan Kelas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN Kediri 1 tahun 2016

Shalata, Laviana Karsa (2016) Teknik Pengelolaan Kelas Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN Kediri 1 tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109312 prabab.pdf

Download (603kB)
[img] Text
932109312 BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932109312 BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932109312 BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932109312 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932109312 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
932109312 BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932109312 Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932109312 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

Peran seorang guru tidaklah hanya sebatas mengajar dan menyampaikan materi di dalam kelas, namun sebagai pengelola kelas dan motivator. Pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Karena dengan pengelolaan kelas yang baik akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam pelaksanaanya, seorang guru pasti menghadapi berbagai sikap siswa saat belajar di dalam kelas. Untuk itu, perlulah pengelolaan kelas yang baik agar siswa bisa terjaga motivasi belajarnya dan semakin meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana teknik pengelolaan kelas guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kediri 1? 2) Bagaimana teknik pengelolaan kelas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri 1? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui teknik pengelolaan kelas di MAN Kediri 1. 2) Untuk mengetahui teknik pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri 1. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: 1) Teknik pengelolaan kelas guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kediri 1 dilakukan dengan cara pengelolaan fisik, yaitu guru SKI menciptakan kelas yang bersih dan indah, guru selalu menjaga kebersihan dan keindahan kelas, dengan kelas yang bersih dan indah siswa bisa merasa nyaman berada di dalam kelas sehingga kondisi siswa bisa kondusif, dan pengaturan tempat duduk siswa, guru SKI mengatur posisi tempat duduk siswa berbaris berjajar. Dengan posisi berbaris berjajar, guru bisa mudah mengontrol tingkah laku siswa sehingga guru mudah memberi perhatian kepada siswa. 2) Teknik pengelolaan kelas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kediri 1 adalah pengelolaan peserta didik, guru SKI melibatkan siswa secara aktif mengikuti pelajaran, menggunakan media pendidikan berupa media grafis LCD untuk menayangkan film sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar, dan guru SKI menggunakan metode yang bervariasi, seperti diskusi, seramah, dan tanya jawab, dengan metode yang bervariasi siswa akan termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:39
Last Modified: 20 Apr 2021 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item