Nurhasanah, Silfia Farida (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Grogol Kec. Grogol Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118512 prabab.pdf Download (315kB) |
|
Text
932118512 bab1.pdf Download (217kB) |
|
Text
932118512 BAB II.pdf Download (177kB) |
|
Text
932118512 BAB III.pdf Download (271kB) |
|
Text
932118512 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
932118512 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
932118512 BAB VI.pdf Download (91kB) |
|
Text
932118512 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
932118512 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
Abstract
Dalam kegiatan proses pembelajaran peran guru adalah sebagai pemimpin yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam merencanakan dan mendidik siswa sehingga tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Grogol. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penggumpulan data, wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan pengecekan keabsana data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah :1. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mendengar penjelasan guru di kelas X SMA Negeri 1 Grogol, bahwa: a.Guru menggunakan metode ceramah. b.Guru menegur siswa yang ramai. c.Siswa diberi sanksi.d. siswa dilempari pertanyaan. e. Siswa menggantikan guru menjelaskan. f. Guru mengelola kelas dengan baik.2. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan mencatat siswa di kelas X SMA Negeri 1 Grogol, bahwa: a. Menghubungkan materi yang disampaikan dengan kehidupan sehari-hari.b.Pembelajaran yang menarik.c. Guru menuliskan ayat al-alqur'an. d. Penugasan. e. Siswa merangkum materi. f. pemberian nilai tambahan. 3.Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan bertanya siswa di kelas X SMA Negeri 1 Grogol, bahwa: a. Pembelajaran yang menarik. bMenghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. c.Pemberian reward atau nilai tambahan. d.Guru menjelaskan hal-hal yang belum difahami oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 02:00 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 02:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2248 |
Actions (login required)
View Item |