PALUPI, RETNO (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Hukum – Hukum Syar’i Melalui Metode Everyone is a teacher here Kelas XII - IPA 2 di MAN Kediri 1 Tarokan Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116912 - Pra BAB.pdf Download (527kB) |
|
Text
932116912 - BAB I.pdf Download (212kB) |
|
Text
932116912 - BAB II.pdf Download (296kB) |
|
Text
932116912 - BAB III.pdf Download (348kB) |
|
Text
932116912 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
932116912 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
932116912 - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
932116912 - Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
|
Text
932116912 - lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
Abstract
Kata kunci : Prestasi belajar, Fiqih, Everyone is a teacher here. Dalam pembelajaran yang ,masih menggunakan metode tradisional atau metode ceramah tidak semua siswa mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama, seperti apa yang telah terjadi di MAN Kediri 1 Tarokan, ternyata antusias peserta didik terhadap pembelajaran Fiqih sangatlah kurang. Sehingga, dengan adanya hal ini peserta didik tidak dapat menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru akhirnya berdampak pada prestasi belajar belajar siswa. Dari 23 siswa yang ada siswa yang mengalami ketuntasan belajar yaitu hanya 9 orang sedangkan 14 siswa lainnya tidak tuntas dalam pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal 82. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba metode baru yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Yaitu dengan menggunakan metode everyone is a teacher here. Oleh karena itu, tujuan dari adalah untuk mengetahui penerapan metode belajar Everyone is a teacher here dalam pembelajaran Fiqih dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XII-IPA 2 di MAN Kediri 1 Tarokan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang telah dilakukan sebanyak tiga siklus dengan empat tahapan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Sumber data adalah skor dari tes peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan pengematann, dokumentasi dan tes. Analisa data hasil belajar siswa yaitu siswa yang tuntas belajar dibagi jumlah keseluruhan siswa siswa dikali 100. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Hasil dalam penelitian ini adalah mengenai peningkatan prestasi belajar, Pertama, pada prasiklus prosentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh yaitu 39,13 %yang mempunyai rata - rata 70,56 sehingga antusias siswa terbilang sangat rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum paham dengan metode yang digunakan. Kedua, pada siklus I ternyata mengalami perubahan yang bisa dikatakan baik dengan prosentase 65,21% dengan rata 84,69. peningkatan ini sangat terlihat, siswa sudah mulai memahami metode yang digunakan.Ketiga setelah pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan yang tidak terlalu tinggi dari siklus sebelumnya, yaitu dengan prosentase 78,26% dengan rata-rata 84,43. Akan tetapi peningkatan ini belum bisa dikatakan sempurna karena belum sesuai dengan yang di harapkan. Keempat, pada siklus III ini ternyata mengalami peningkatan yang diharapkan yaitu peningkatan yang sangat signifikan hasil prosesntase menunjukkan nilai 96,85 dengan rata-rata 94,82. Pada siklus ini semua siswa sudah mempunyai nilai di atas KKM. penerapan metode everyone is a teacher here dari siklus I sampai siklus III terdapat beberapa hambatan, namun hambatan tersebut segera dicari jalan keluarnya pada saat refleksi tindakan dalam tiap siklusnya agar siklus berikutnya hambatan tersebut dapat dihindarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 05:26 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 05:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2177 |
Actions (login required)
View Item |