ARIFAH, MUFIDATUL (2016) Penerapan Model Pembelajaran CTL Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN Kandangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113712 - Pra BAB.pdf Download (511kB) |
|
Text
932113712 - BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
932113712 - BAB II.pdf Download (278kB) |
|
Text
932113712 - BAB III.pdf Download (253kB) |
|
Text
932113712 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
932113712 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
932113712 - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
932113712 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text
932113712 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci : Contextual Teaching ang Learning (CTL), Akidah Akhalak. Metode pembelajaran yang digunakan guru pada saat ini masih banyak yang menggunakan metode ceramah, pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tetapi lain halnya di MAN Kandangan, hampir semua guru sudah menerapkan model pembelajaran CTL khususnya guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan. Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis CTL pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa:1) penerapan model pembelajaran berbasis CTL pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Kandangan meliputi komponen bertanya, inquiry, masyarakat belajar, penilaian autentik. 2) Faktor pendukung dalam penerapan model CTL diantaranya tersedianya sarana prasarana yang memadai dan tingginya motivasi siswa,sumber daya manusia (SDM) pendidik yang memumpuni.sedangkan faktor penghambat diantaranya kurangnya jam pelajaran dan keberagaman kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:20 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
View Item |