Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI bab Pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf Kelas X-1 di SMAN 1 Ngadiluwih

NAJIB, MOH. AINUN (2016) Implementasi Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI bab Pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf Kelas X-1 di SMAN 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112612 - Pra BAB.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932112612 - BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932112612 - BAB II.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932112612 - BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
932112612 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
932112612 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
932112612 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
932112612 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932112612 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Index Card Match, prestasi belajar Penelitian ini dilakukan karena dipandang perlu adanya peningkatan dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Yang diketahui bahwa rendahnya prestasi belajar siswa dikarenakan siswa merasa bosan saat mengikuti kegiatan KBM sehingga membuat siswa mengantuk dan tidak fokus pada materi pelajaran yang berimbas pada rendahnya prestasi yang dicapai siswa. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode baru, yaitu metode Index Card Match strategi yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Peneliti ingin mengetahui dampak dari penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, adapun fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran aktif Index Card Match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI bab Pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf Kelas X-1 di SMAN 1 Ngadiluwih? 2) Seberapa jauh penggunakan metode Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI bab Pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf Kelas X-1 di SMAN 1 Ngadiluwih? Dalam penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan jenis metode kolaboratif. Pelaksanaan PTK ini dilakukan melalui beberapa siklus. Secara sistematis, tindakannya melalui persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu kegiatan pra siklus, siklus I, siklus II yang dilakukan selama 3 kali pertemuan. Materi yang dipelajari yaitu pengelolaan Zakat, Haji dan Wakaf. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu: a) prestasi belajar siswa yang dikategorikan sangat kurang dilihat dari ketuntasan belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 58,24 atau 29,17%, b) prestasi belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar sebesar 70,93 atau 46,43%, c) prestasi belajar pada siklus II dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar sebesar 83,5 atau 92,86%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:49
Last Modified: 15 Feb 2021 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item