NASIKHAH, BINTI ULFATUN (2020) Pemanfaatan Musholla sebagai Pusat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107216 Pra BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107216 BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
932107216 BAB II.pdf Download (208kB) |
|
Text
932107216 BAB III.pdf Download (172kB) |
|
Text
932107216 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
932107216 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
932107216 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
932107216 Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) |
|
Text
932107216 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI ULFATUN NASIKHAH, 2020. Pemanfaatan Musholla sebagai Pusat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Kepung Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Yasin, M. Pd. dan (2) Moh. Zainal Fanani, M. Pd. I. Kata Kunci: Musholla, Pusat Pembelajaran PAI. Dalam pendidikan Islam, masjid atau musholla merupakan salah satu elemen yang tidak dapat dipisahkan. Masjid atau musholla menjadi tempat yang tepat untuk membantu mengembangkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama. SMP Negeri 1 Kepung merupakan salah satu sekolah yang memanfaatkan musholla untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Di mana kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa betapa pentingnya musholla untuk mengembangkan diri mereka sesuai dengan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan musholla sebagai pusat pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kepung, (2) mendeskripsikan metode pembelajaran PAI di musholla SMP Negeri 1 Kepung, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan musholla sebagai pusat pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam rangka memperoleh temuan yang sesuai dengan fokus permasalahan, proses analisa dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: pertama mereduksi data untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan memudahkan pengumpulan data, kedua penyajian paparan data untuk meningkatkan pemahaman kasus dan sebagai acuan pengambilan tindakan, ketiga penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian untuk menjawab fokus penelitian berdasarkan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran PAI berlangsung di musholla sekolah, pembelajaran diawali dengan pembiasaanpembiasaan, seperti melaksanakan shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, membaca surat pendek bersama-sama, dan menyetorkan uang infaq. Kegiatan ekstrakulikuler keagamaan seperti tilawah, hadrah, dan pidato agama Islam juga dilaksanakan di musholla. (2) Metode yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu metode ceramah, diskusi, demonstrasi, tanya jawab, latihan siap (drill), dan peta konsep (mind mapping). (3) Faktor pendukung dalam pemanfaatan musholla yaitu siswa mendapatkan lingkungan yang sesuai untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan sudah tersedianya sarana atau alat-alat penunjang pembelajaran, faktor penghambatnya yaitu kurangnya motivasi siswa yang berasal dari keluarga dan keterbatasan waktu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:12 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2151 |
Actions (login required)
View Item |