Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di MAN 3 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016

HIDAYATI, LAILY (2016) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS Di MAN 3 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109012 - Pra BAB.pdf

Download (450kB)
[img] Text
932109012 - BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932109012 - BAB II.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932109012 - BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932109012 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
932109012 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
932109012 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932109012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932109012 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Motivasi belajar, Upaya Guru SKI Dalam proses belajar, motivasi belajar sangatlah diperlukan, karena sebagai seorang siswa tanpa adanya motivasi belajar mereka tak akan melakukan aktivitas belajar, tanpa adanya dorongan atau rangsangan mereka tidak akan bergerak ke arah yang dituju. Dengan adanya dorongan maka akan muncul suatu semangat untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai. Oleh karena pentingnya sebuah motivasi dalam pembelajaran, peneliti mengadakan penelitian terkait upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas X IPS di MAN 3 Kota Kediri pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPS di MAN 3 KEDIRI. 2) Bagaimana upaya guru SKI dalam menumbuhkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPS. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPS di MAN 3 KEDIRI. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus (lapangan). Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pedoman observasi, dokumentasi dan juga interview atau wawancara. Analisis data dilakukan dengan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian deskriptif ini memperoleh kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru SKI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bermacam-macam yaitu dengan 1) pemilihan metode dan strategi yang sesuai dan bervariasi 2) dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah terutama media pembelajaran yang tersedia 3) menggunakan cara mengajar yang menyenangkan dan diselingi dengan humor 4) memberikan reward and punishment 5) menciptakan komunikasi yang baik dengan siswa 6) menciptakan jiwa kompetisi pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:12
Last Modified: 15 Feb 2021 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item