RAHMAWATI, LAILY ALFIAN (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A SDIT Al-Azhar Kota Kediri Tahun Pembelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932108912 - PRABAB.pdf Download (741kB) |
|
Text
932108912 - BAB I.pdf Download (429kB) |
|
Text
932108912 - BAB II.pdf Download (420kB) |
|
Text
932108912 - BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
932108912 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
932108912 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
932108912 - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
932108912 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text
932108912 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) |
Abstract
Kata kunci: Mengelola Kelas, Motivasi Belajar Pada umumnya siswa SDIT Al-Azhar Kota Kediri dalam keseharian belajar mereka disekolah sangat termotivasi dan semangat dalam pembelajaran. Selain itu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mereka terlihat sangat senang dikarenakan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam mengelola kelas dengan baik dan menggunakan beberapa metode dalam pembelajarannya yang membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV A SDIT Al-Azhar Kota Kediri? 2) Faktor apa sajakah yang mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV A SDIT Al-Azhar Kota Kediri? 3) Faktor apa sajakah yang menghambat mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV A SDIT Al-Azhar Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian, yaitu: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ini terdapat beberapa kegiatan, diantaranya adalah dengan pengelolaan fisik dan pengelolaan siswa. Pengelolaan fisik meliputi: Rolling tempat duduk seperti (U, V, W, dan sejajar), penggunaan sarana dan prasarana, partisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan kelas. Sedangkan pengelolaan siswa meliputi: pengaturan organisasi kelas, memberi semangat belajar dan memberi sedikit cerita tentang kisah-kisah Nabi, metode pembelajaran yang bervariasi. 2) Faktor pendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menghormati dan memperhatikan guru, pengelolaan kelas yang tertata rapi, terjalinnya komunikasi dengan orang tua. 3) faktor penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Siswa yang ramai dan jahil, siswa yang tidak menghormati guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 05:06 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 05:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2147 |
Actions (login required)
View Item |