Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri

ROSIDA, FIKA NURSAFITRI (2020) Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105016 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932105016 BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932105016 BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932105016 BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932105016 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932105016 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
932105016 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
932105016 Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932105016 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NURSAFITRI ROSIDA, FIKA, 2020. Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Syamsul Huda, M. Ag dan (2) Septiana Purwaningrum, M. Pd. I Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Metode Usmani. Pada era modern ini pembelajaran yang ditekankan pada anak-anak sebagai dasar penanaman suatu ilmu yaitu pendidikan keagamaan, guna untuk membentuk individu yang mempunyai akhlakul karimah. Dalam kegiatan pendidikan ini terdapat suatu pembelajaran, dimana salah satunya yaitu pembelajaran kitab kuning. Metode cara cepat pembelajaran kitab kuning yang pertama kali muncul yaitu metode Amtsilati dari Jepara. Setelah itu ada lagi metode yang mudah dipahami dalam pembelajaran kitab kuning yaitu menggunakan metode Usmani dari Blitar. Metode ini sudah bisa diajarkan pada anak-anak tingkat sekolah dasar karena cukup mudah untuk diajarkan dan siswa mampu memahaminya dengan baik. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan : (1) bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning berbasis metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri? (2) bagaimana bentuk pembelajaran kitab kuning berbasis metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri? (3) bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning berbasis metode Usmani di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri? Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observarsi serta dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri pada bulan April 2020 – Juni 2020. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model dari Milles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data yaitu menggunakan: Ketekunan pengamatan dan Triangulasi. Hasil penelitian di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates Kediri yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates yaitu dengan persiapan pembelajaran, kegiatan sosialisasi, kegiatan terpusat, kegiatan terpimpin serta kegiatan individu. (2) Bentuk pembelajaran yang digunakan pada Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates yaitu menggunakan metode ceramah, tutor sebaya, tanya jawab, sorogan dan metode lalaran. (3) evaluasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Nurul Qur‟an 1 Pagu Wates tersebut menerapkan evaluasi 5 kali yang dilakukan pada setiap akhir pembelajaran, semester atau enam bulan sekali, tahunan atau evaluasi semester genap, evaluasi pra tashih dan evaluasi tashih. Evaluasi tersebut mencakup seluruh mata pelajaran selama satu semester.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:18
Last Modified: 10 Feb 2021 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item