Sholihah, Nia’mul Wildanu (2020) Peran Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Dusun Jarak Kidul Desa Jarak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104816 Pra BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932104816 BAB I.pdf Download (118kB) |
|
Text
932104816 BAB II.pdf Download (201kB) |
|
Text
932104816 BAB III.pdf Download (142kB) |
|
Text
932104816 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text
932104816 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
932104816 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
Text
932104816 Daftar Pustaka.pdf Download (136kB) |
|
Text
932104816 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK NIA’MUL WILDANU SHOLIHAH, 2020. Peran Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Rumah Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di Dusun Jarak Kidul Desa Jarak), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Dosen Pembimbing (1) Saifullah, M.Ag., dan pembimbing (2) M. Alim Khoiri, S.H.I, M.Sy. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Disiplin Belajar Anak, Pandemi COVID-19. Orang tua merupakan orang yang utama bertanggung jawab dalam pendidikan anak, karena Para orang tua yang menentukan masa depan anak. Namun dalam mengakui keterbatasan dan peluang yang dimiliki, sehingga orang tua meminta pihak luar lain membantu mendidik anak-anak mereka. Pihak lainnya adalah guru di sekolah. Pada awal Maret 2020 Indonesia dikejutkan dengan pandemi COVID-19. COVID-19 termasuk penyakit serius yang mampu mengakibatkan kematian. Penyebaran virus ini dalam bidang pendidikan mengubah proses pembelajaran secara drastis, pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah menjadi dialihkan di rumah. Seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan melalui daring. Melihat kondisi saat ini peran orang tua sangat dibutuhkan yaitu untuk memantau dan mendampingi anak belajar di rumah. Orang tua harus aktif membantu anak dalam proses belajar di rumah agar anak tetap disiplin seperti di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua di dusun Jarak Kidul agar anak tetap disiplin belajar di rumah. (2) Untuk mendeskripsikan macam-macam cara yang digunakan orang tua di dusun Jarak Kidul terhadap kedisiplinan belajar di rumah. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat terhadap kedisiplinan belajar anak di rumah. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, pertama reduksi data untuk merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kedua penyajian data guna untuk memastikan data lengkap serta validitas dan reabilitasnya jelas, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peratama, peran orang tua yang dilakukan di dusun Jarak Kidul desa Jarak yaitu menggunakan metode perhatian atau pengawasan, pengasuh dan pendidik, memberi motivasi, dan memberi fasilitas belajar. Kedua, cara yang digunakan orang tua terhadap disiplin belajar yaitu membuat jadwal, memberi nasehat, memberi Reward atau hadiah, Hukuman atau punishment, membangun komunikasi yang positif. Ketiga, faktor pendukung anak belajar dirumah yaitu keluarga, Gedget, suasana rumah yang sejuk atau damai, sedangkan faktor penghambatnya adalah keluarga, lingkungan, dan Gadget.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 04:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 04:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2134 |
Actions (login required)
View Item |