Choiriyah, Wasilatul (2020) PERAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENENTUKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMA NEGERI I PRAMBON NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104614 Pra BAB.pdf Download (710kB) |
|
Text
932104614 BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
932104614 BAB II.pdf Download (527kB) |
|
Text
932104614 BAB III.pdf Download (178kB) |
|
Text
932104614 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
|
Text
932104614 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
932104614 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
932104614 Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) |
|
Text
932104614 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
Abstract
ABSTRAK Wasilatul Choiriyah, Dosen Pembimbing I Dr. H. Ilham Tohari, SH. M.HI, Dosen Pembimbing II Addin Arsyadana, M.Pd.I : PERAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENENTUKAN PERILAKU SOSIAL SISWA SMA NEGERI I PRAMBON NGANJUK, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Perilaku Sosial Perilaku sosial siswa ditunjukkan melalui hubungannya dengan manusia lain, saling menghormati dan saling menghargai. Pada era sekarang ini perilaku sosial yang santun sudah mulai pudar, hal itu dapat dilihat pada kasus di media yaitu akibat tidak baiknya hubungan antar teman bisa berakibat saling menyakiti satu sama lain. Menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengetasi permasalahan tersebut Maka dari itu dalam penelitian ini penelti ingin mencari tahu nilai-nilai pendidikan agama islam yang ditanamkan oleh guru kepada siswa mendeskripsikan dan metode yang dipakai oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam serta untuk mengetahui kontribusi nilai-nilai pendidikan agama islam terhadap parilaku sosial pada siswa di SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk mengetahui peran / kontribusi nilai pendidikan agama islam dalam menentukan perilaku sosial siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam melakukan penggalian data. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan 3 cara yani data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan 3 cari yakni memperpanjang keikutsertaan di lapangan, mengamati dengan tekun dan melakukan triangulasi yang terdiri dari 3 cara yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah (1).terdapat 2 nilai-nilai pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Prambon yaitu nilai ibadah seperti, tahfidhul quran, pembaiasaan sholat berjamaah, istighosahan, dan semaan al-qur’an dan mejlis taklim serta nilai akhlak/perilaku seperti jujur dan saling menghormati, dermawan, menjaga silaturahmi, rendah hati dan hemat. (2) nilai-nilai pendidikan gama islam ditanamkan dengan 2 cara yaitu melalui program sekolah seperti ekstrakulikuler Majlis ta’lim, Pramuka, program wajib hijab, program pondok pesantren dan juga memalui guru pendidikan agam islam yang diberikan dalam bentuk pembinaan dalam KBM. Dalam proser pembinaan guru menggunakan metode nasihat, keteladanan dan pembiasaan (3).Nilai-nilai pendidikan agama islam memiliki kontribusi dalam meningkatkan perilaku sosial siswa menjadi lebih baik, seperti membuat siswa berperilaku jujur, bertangung jawab, tolong menolong antar taman dan saling menghormati sesamanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 03:50 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 03:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
View Item |