Utama, Tunggul Priya (2020) Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kunjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102616 Pra BAB.pdf Download (784kB) |
|
Text
932102616 BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
932102616 BAB II.pdf Download (231kB) |
|
Text
932102616 BAB III.pdf Download (209kB) |
|
Text
932102616 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
932102616 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
932102616 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
932102616 Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
|
Text
932102616 Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Tunggul Priya Utama, Dosen Pembimbing (1) Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan (2) Nurul Ahsin, M.Pd.I. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kunjang Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Pengembangan kurikulum 2013 dimaksudkan untuk menghasilkan siswa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Proses pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanyakan, mengolah, menyajikan, menyimpulkan dan mencipta saat proses pembelajaran tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kunjang? 2) Bagaimana prinsip-prinsip pembelajaran kurikulum 2013 yang diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Kunjang tahun pembelajaran 2019/2020? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa cara yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data di lapangan dan menganalis data yang terkumpul atau data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP 2 Kunjang mewajibkan guru untuk mengikuti berbagai pelatihan, dilakukan secara bertahap, terdapat penambahan jam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, adanya kesulitan dalam sistem evaluasi pada kurikulum 2013. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 2 Kunjang telah berhasil menerapkan 14 prinsip pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:28 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2118 |
Actions (login required)
View Item |