HIDAYATI, NANING (2017) Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Menjawab Soal PAI di SMK Asyariah Prambon Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
i. Cover Sekripsi_v. Halaman Pra-BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
vi. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
vii. BAB II.pdf Download (432kB) |
|
Text
viii. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
ix. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
|
Text
x. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text
xi. BAB VI.pdf Download (230kB) |
|
Text
xii. Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) |
|
Text
xiii. Profil Penulis_xvi. Lembar persetujuan unggah karya.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas manusia. Dari hasil surve dapat ditemukan pelaksanaan pembelajaran PAI lebih menekankan pada pemahaman konsep, belum menunjukkan upaya yang terencana dan terintegrasi dalam ketrampilan berfikir siswa. Model belajar mengajar di SMK Al-Asyariah Prambon Nganjuk masih bersifat guru sentris yang ditandai dengan dominasi guru dalam mengendalikan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :1) untuk mengetahui aktivitas metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi zakat, 2) untuk mengetahui tingkat metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi zakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pedukungnya adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa dikelas X-AK-B SMK Asyari‟ah Prambon Nganjuk dengan kategori siswa berkemampuan PAI tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) aktivitas metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi zakat kelas X SMK Al-Syari‟ah Prambon Nganjuk tahun ajaran 2016/2017. a) Subjek penelitian S-1 memiliki tingkat metakognisi kategori Reflective Use pada pemecahan masalah PAI. S-1 mengetahui cara menyelesaikan masalah, menjelaskan strategi yang digunakan, memahami masalah, mampu mengaplikasikan strategi yang sama pada masalah lain, melakukan evaluasi. b) Subjek S-2, termasuk dalam tingkat metakognisi kategori Strategic Use pada pemecahan masalah PAI. Dalam hal ini S-2 memahami masalah, tidak mengalami kesulitan dan kebingungan untuk menjawab soal, dapat menjelaskan sebagian besar apa yang dituliskan, mampu memberi alasan yang mendukung pemikiran dalam menyelesaikan soal, siswa melakukan evaluasi setelah menyelesaikan soal tidak secara keseluruhan/ pada saat akhir dan yakin dengan hasil yang diperoleh. c) Subjek S-3, termasuk kategori Aware Use karena pada S-3 mengalami kesulitan dan kebingungan karena memikirkan dalam menjawab soal atau cara menjelaskan jawaban, hanya menjelaskan sebagian dari apa yang ditulis, mengalami kebingungan karena tidak dapat melanjutkan apa yang dikerjakan, menyadari kesalahan dalam membaca buku dalam menyelesaikan masalah, tidak melakukan dan tidak yakin dengan hasil jawaban yang ditulis. 2) Tingkat metakognisi siswa dalam pemecahan masalah materi zakat kelas X SMK Al-Syariah Prambon Nganjuk tahun ajaran 2016/2017. Diperoleh a) S-1 tingkat metakognisi tinggi, b) S-2 tingkat metakognisi sedang, dan c) S-3 tingkat metakognisi rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 09:39 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 09:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |