Zulfa, Faridatuz (2016) Classroom Management Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studikasus Di Smk Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104812 - Pra BAB.pdf Download (410kB) |
|
Text
932104812 - BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text
932104812 - BAB II.pdf Download (511kB) |
|
Text
932104812 - BAB III.pdf Download (189kB) |
|
Text
932104812 - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
932104812 - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932104812 - BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
932104812 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
|
Text
932104812 - Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan diawali dengan peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas, karena kelas merupakan segmen social dari kehidupan sekolah secara keseluruhan. Oleh karena itu, dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, seorang guru dituntut mampu mengelola kelas yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk, yaitu a. Rolling tempat duduk dan moving kelas setiap satu minggu sekali, b. Pengaturan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana kelas, c. Pengaturan kebersihan dan keindahan kelas, d. Mengontrol kedisiplinan siswa melalui pembuatan tata tertib kelas yang disepakati bersama, e. Membentuk organisasi kelas yang disepakati bersama dan dijalankan secara rutin dan terorganisir; 2. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pengelolaan kelas meliputi a. Faktor Internal, yang mencakup 1) Kurangnya media pembelajaran yang khusus untuk mata pelajaran PAI dalam mempraktekkan materi, 2) Kurangnya rasa semangat dan senang siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, 3) Siswa hanya memiliki buku LKS, tidak semuanya memiliki buku tunjangan khusus pelajaran PAI; b. Faktor Eksternal, yang mencakup kurangnya dukungan orang tua terhadap anaknya tentang peningkatan kualitas beragama, sehingga sekolah melakukan usaha membiasakan diri siswa untuk kegiatan keagamaan di sekolah. Kata Kunci: Classroom Management
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 05:02 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 05:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
View Item |