Manajemen Strategis Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Di SD Islam Miftahul Huda Nganjuk

MUDAWAMA, IKHDA ROKHMATIN (2025) Manajemen Strategis Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Di SD Islam Miftahul Huda Nganjuk. Masters (S2) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
22504031_PRABAB.pdf

Download (3MB)
[img] Text
22504031_BAB1.pdf

Download (697kB)
[img] Text
22504031_BAB3.pdf

Download (633kB)
[img] Text
22504031_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
22504031_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
22504031_BAB6.pdf

Download (586kB)
[img] Text
22504031_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (475kB)
[img] Text
22504031_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Mudawama, Ikhda Rokhmatin. Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.SI dan Dr. Hj. Muawanah, M.Pd, Manajemen Strategis dalam Mewujudkan Sekolah Unggul (Studi Kasus di SD Islam Miftahul Huda Nganjuk), Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, UIN Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata kunci: Manajemen, Strategis, Sekolah Unggul Sekolah unggul merupakan sekolah yang mampu menciptakan keunggulan dan memiliki nilai daya saing. Di tengah persaingan pendidikan, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri berusaha tampil dengan program-program juga kualitas pelayanan sekolah yang lebih baik dari yang lain. Dalam praktik menuju kualitas unggul, sekolah membutuhkan manajemen strategis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen strategis dalam mewujudkan sekolah unggul di Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Nganjuk, dengan menelaah proses analisis kondisi awal, perumusan strategis, implementasi strategis, serta evaluasi dan pengendalian strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui teknik wawancara mendalam semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ialah Sekolah Dasar Islam Miftahul Huda Nganjuk. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis Miles dan Hubberman dengan pengumpulan data, reduksi, display, dan konklusi. Tahapan penelitian ini terbagi menjadi 3, yakni pra lapangan, lapangan, dan pasca lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah mempunyai visi dan niat yang kuat untuk bertansformasi mewujudkan sekolah unggul. Namun pada tahap awal belum ditopang oleh perangkat perencanaan strategis formal seperti dokumen rencana strategis (renstra), rencana kegiatan sekolah (RKS) dan sistem evaluasi berbasis indikator kinerja. Proses manajemen diawali dengan menganalisis kondisi awal sekolah, kemudian strategis dirumuskan berdasarkan kebutuhan riil siswa dan tantangan eksternal yang diarahkan pada penguatan akademik, karakter keislaman, literasi, serta kompetensi abad ke-21. Implementasi strategis dilakukan secara kolaboratif melalui program pendampingan akademik, bimbingan belajar, penguatan spiritual, serta dukungan terhadap siswa dalam mengikuti perlombaan sebagai bagian dari strategis pencapaian prestasi. Evaluasi dan pengendalian strategis dilaksanakan melalui observasi kelas dan forum evaluasi mingguan, meskipun belum sepenuhnya terstruktur. Temuan ini mengonfirmasi pentingnya kepemimpinan transformatif, budaya reflektif, dan evaluasi berbasis lapangan dalam manajemen strategis pendidikan. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa sekolah unggul hanya dapat dicapai melalui proses manajemen strategis yang sistemik, adaptif, dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:40
Last Modified: 04 Dec 2025 02:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item