Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri

Zumroturrifa, Shafira (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117711_prabab.pdf

Download (452kB)
[img] Text
932117711_bab1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
932117711_bab2.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932117711_bab3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932117711_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
932117711_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
932117711_bab6.pdf

Download (8kB)
[img] Text
932117711_daftarpustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
932117711_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
932117711_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (164kB)

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar.Proses pembelajaran merupakan inti dari kegiatan pendidikan. Pendidikan dipandang sebagai proses penumbuhan, pengembangan, dan penampungan nilai dan norma baik melalui kegiatan belajar mengajar maupun menciptakan suasana dan interaksi mendidik diluar jam kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar mereka senantiasa semangat dalam mengikuti kegiatan belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus yaitu tentang upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya yang dikhususkan pada kelas VIII. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan hasil yang diperoleh yakni berupa kata-kata, gambaran, dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan siswa kelas VIII. Dilanjutkan dengan analisis data dengan cara reduksi data penelitian untuk kemudian disajikan dan dilakukan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan yang terakhir yaitu dengan trianggulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar yang sudah dilaksanakan di SMPN 1 Wates Kabupaten Kediri yakni dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, pemberian pujian dan pemberian punishment (hukuman). Sedangkan untuk faktor pendukung upaya tersebut yaitu dari tersedianya buku penunjang pembelajaran PAI. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemanfaatan atau penggunaan media berupa LCD dan faktor kondisi individual siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SHAFIRA ZUMROTUR R.
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:11
Last Modified: 05 Dec 2025 03:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item