Najib, M. Ilham Ainun (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Ibadah Shalat Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Semen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
i Cover_Xiii Daftar Tabel.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (538kB) |
|
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA DAN PENEMUAN PENELITI - Copy.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Text
BAB VI PENUTUP - pustaka - lampiran.pdf Download (327kB) |
Abstract
Ibadah merupakan suatu kewajiban bagi setiap insan. Tujuan utama diciptakannya manusia tak lain hanyalah beribadah kepada Allah SWT. Dalam mengimplementasikan keyakinannya, manusia memiliki perilaku ibadah shalat yang beragam. Untuk itu harus ada upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku ibadah shalat yang baik. Lembaga pendidikan merupakan wahana dalam membentuk sebuah perilaku. Sehingga guru yang merupakan substansi dari orang tua di sekolah mempunyai peran yang sangat besar sekali dalam upaya meningkatkan perilaku ibadah shalat pada siswa. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen? 2) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam berupaya meningkatkan perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen? Sedangkan tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam berupaya meningkatkan perilaku ibadah shalat siswa kelas VIII di SMPN 1 Semen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menghasilkan dua deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci dan sebagai alat pengumpul data. Sumber data diperoleh dari waka kurikulum, guru PAI, Siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum ke lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan: 1) Perilaku beribadah siswa kelas VIII SMPN 1 Semen mayoritas sudah baik, dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstem. 2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan perilaku ibadah shalat siswa kelas antara lain: keteladanan, pembiasaan, memberi nasehat, memberi nasehat, memberi motivasi, menciptakan suasana religius di sekolah. 3) faktor pendukung: kesadaran siswa sendiri, fasilitas, koordinasi yang baik, ekstra kurikuler/BTQ. Dan faktor penghambat: kurangnya kelengkapan fasilitas praktek ibadah, kesadaran yang beragam, dan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 03:46 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 03:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/198 |
Actions (login required)
View Item |