Media Komik Digital Berbasis Interaktif Edukatif (Kodintek) Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Ngreco Kabupaten Kediri

Khumairoh, Ana Lailatul (2025) Media Komik Digital Berbasis Interaktif Edukatif (Kodintek) Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Ngreco Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206053_prabab.pdf

Download (675kB)
[img] Text
21206053_bab1.pdf

Download (396kB)
[img] Text
21206053_bab2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
21206053_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
21206053_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206053_bab5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
21206053_daftarpustaka.pdf

Download (328kB)
[img] Text
21206053_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206053_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (191kB)

Abstract

Ana Lailatul Khumairoh, Dosen Pembimbing Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd. Dan Kurnia Ahadiyah, M.Si., Media Komik Digital Berbasis Interaktif Edukatif (KODINTEK) Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Ngreco Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata kunci: Media komik, interaktif edukatif, pemahaman siswa, peserta didik kelas V Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik digital berbasis interaktif edukatif (KODINTEK) sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V MI Miftahul Huda Ngreco. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi IPAS serta kurangnya media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media komik digital berbasis interaktif edukatif pada mata pelajaran IPAS kelas V (2) mengetahui kelayakan media komik digital berbasis interaktif edukatif yang dikembangan (3) mengetahui keefektifan media komik digital berbasis interaktif edukatif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS MI Miftahul Huda Ngreco. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A MI Miftahul Huda Ngreco. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli, serta tes pemahaman siswa (melalui pretest dan posttest) sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa peserta didik memerlukan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman, oleh karena itu peneliti mengembangkan media komik digital berbasis interaktif edukatif (KODINTEK) yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kebutuhan belajar, serta karakteristik peserta didik. Hasil validasi mendapatkan kevalidan yang telah divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli pembelajaran, ahli media dan ahli materi yang masing-masing mendapatkan persentase sebesar 94%, 93,3%, 94% yang mana masuk kategoriٓ“Sangatٓlayak”.ٓSedangkanٓefektivitas media komik digital berbasis interaktif edukatif dilihat dari hasil pretest dan posttest. Pada uji pretest atau uji awal diperoleh hasil rata-rata 44,3% Setelah uji pretest peneliti melanjutkan dengn uji posttest yang diperoleh hasil dengan rata-rata 80,8%. Dengan kriteria n-gain men sebesar 0,6431< 0,7 dengan kategoriٓ“Sedang”ٓdanٓn-gain persen sebesar 64,3093 >56 yang berada pada kategoriٓ“Efektif”.ٓBerdasarkanٓhasilٓtersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media komik digital berbasis interaktif edukatif dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V-A MI Miftahul Huda Ngreco.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANA LAILATUL KHUMAIROH
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:09
Last Modified: 04 Dec 2025 04:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item