A'yun, Rofi'atus Syifa' Qurrota (2025) Pengembangan Media Fair Play Rules Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 MI Hidayatul Muta'allimin. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
This is the latest version of this item.
|
Text
21206115_prabab.pdf Download (351kB) |
|
|
Text
21206115_bab1.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
21206115_bab2.pdf Download (267kB) |
|
|
Text
21206115_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text
21206115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
21206115_bab5.pdf Download (84kB) |
|
|
Text
21206115_daftarpustaka.pdf Download (93kB) |
|
|
Text
21206115_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
21206115_suratpernyataan.pdf Download (362kB) |
Abstract
A’yun, Rofi’atus Syifa’ Qurrota, Pembimbing (1) Dr. Mochamad Desta Pradana, M.Pd dan (2) Tutik Dinur Rofiah,S.Pd.I,M.Pd., Pengembangan Media Fair Play Rules Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Di Mi Hidayatul Muta’allimin, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2025. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Motivasi belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas I MI Hidayatul Muta’allimin serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar. Dimana guru yang umumnya masih menerapkan metode ceramah serta memanfaatkan buku LKS. Maka dari itu, tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk meningkatkan media pembelajaran yakni media Fair Play Rules pada Pendidikan Pancasila kelas 1 di MI Hidayatul Mutaallimin. (2) Untuk menguji kelayakan media media Fair Play Rules pada Pendidikan Pancasila kelas 1 di MI Hidayatul Mutaallimin. (3) Untuk meningkatkan motivasi belajar setelah menerapkan media Fair Play Rules pada Pendidikan Pancasila kelas 1 di MI Hidayatul Mutaallimin. Media ini dikembangkan melalui pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MI Hidayatul Muta’allimin, dengan 32 siswa sebagai eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi, angket validasi ahli media, ahli materi serta ahli kurikulum, angket motivasi siswa. Hasil pengembangan media Fair Play Rules sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa, (1) Media Fair Play Rules dikembangkan mulai dengan tahap analisis yang meliputi analisis kebutuhan siswa serta analisis kurikulum, desain media Fair Play Rules, serta pengembangan produk hingga produk layak untuk diuji cobakan. (2) Kelayakan media Fair Play Rules dapat dilihat dari perolehan hasil skor validasi oleh ahli media rata-rata sejumlah 94,4% dan ahli materi mendapat nilai rata-rata sejumlah 88,3%, dan ahli kurikulum sejumlah 83,3% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. (3) Keefektifan media Fair Play Rules dapat dilihat berdasarkan hasil Uji Validitas Score yang menunjukkan hasil sebesar 0,028 dan Uji Reliabilitas yang menunjukkan hasil sebesar 0,088 dengan kategori efektif. hasil Uji N-Gain menunjukkan hasil sebesar 0,7770 dengan kategori sedang dan N-Gain persen memperoleh hasil sebesar 77,70% dengan kategori efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan, tetapi juga efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | ROFI`ATUS SYIFA` QURROTA A`YUN |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:55 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:55 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19604 |
Available Versions of this Item
- Pengembangan Media Fair Play Rules Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 MI Hidayatul Muta'allimin. (deposited 14 Nov 2025 06:55) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
