FANANY, AHMAD ATFAN (2025) Implementasi Content Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement Melalui Media Sosial Tiktok (Studi Pada Akun Tiktok @Sibien.Cemeti). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
934105819_prabab.pdf Download (730kB) |
|
|
Text
934105819_bab1.pdf Download (537kB) |
|
|
Text
934105819_bab2.pdf Download (437kB) |
|
|
Text
934105819_bab3.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
934105819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
|
|
Text
934105819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
|
Text
934105819_bab6.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
934105819_daftarpustaka.pdf Download (272kB) |
|
|
Text
934105819_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
934105819_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (190kB) |
Abstract
AH. ATFAN FANANY, Dosen Pembimbing DR. HJ. SULISTYOWATI, M. EI dan SUPRIHANTOSA SUGIARTO, SEI, MH. Implementasi Content Marketing dalam Meningkatkan Customer Engagement melaui Media Sosial Tiktok (Studi pada Akun Tiktok @sibien.cemeti), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata kunci: Content Marketing, Customer Engagement, Tiktok, Pemasaran Syariah Content marketing merupakan sebuah pendekatan pemasaran yang berfokus pada penciptaan dan penyampaian konten bernilai, relevan, dan konsisten guna menarik dan mempertahankan perhatian pelanggan (customer engagement). Tiktok merupakan salah satu media yang saat ini banyak dipilih untuk melakukan kegiatan pemasaran dan penjualan barang secara online. Dalam melakukan kegiatan pemasaran perlu diperhatikan apakah hal yang dilakukan sudah sesuai dengan syariat Islam, sehingga selain mendapat keuntungan juga mendapatkan keberkahan dari kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi content marketing yang digunakan oleh akun tiktok @sibien.cemeti dalam meningkatkan customer engagement ditinjau dari pemasaran syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan dari Sibien Cemeti. Sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari dokumentasi yang berkaitan dengan Sibien Cemeti seperti akun Tiktok, postingan Tiktok, dan literatur-literatur lain yang berkaitan. Teknik analisa data yang digunakan menlalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi content marketing yang diterapkan oleh akun TikTok @sibien.cemeti melalui empat strategi konten pemasaran digital, yaitu konten edukasi, hiburan, informasi, dan testimoni, berhasil meningkatkan customer engagement secara signifikan. Strategi ini tidak hanya efektif dalam menarik perhatian calon konsumen, tetapi juga dalam mempertahankan hubungan jangka panjang dengan kosumen yang sudah ada. Keberhasilan tersebut tercermin dari beberapa indikator penting, seperti peningkatan jumlah pengikut, interaksi pengguna, dan peningkatan volume penjualan pecut di Sibien Cemeti. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari keterkaitannya dengan nilai-nilai pemasaran syariah yang ada dalam setiap kegiatan usaha dan konten yang ditayangkan. Sibien Cemeti selalu menekankan untuk memulai pekerjaan dengan doa bersama, melayani konsumen dengan ramah dan sopan, menjaga kualitas produk walaupun permintaan berkurang, dan melayani konsumen secara adil tanpa memandang ras, agama, warna kulit, suku, kebangsaan, dan status.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | AH.ATFAN FANANY |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:55 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:55 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
