‘AMALIA, MILA FAIDATUL (2017) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Di SMK INTENSIF BAITUSSALAM Tanjunganom Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
i. COVER SKRIPSI_v. Halaman Pra BAB.pdf Download (3MB) |
|
Text
vi. BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
vii. BAB II.pdf Download (279kB) |
|
Text
viii. BAB III.pdf Download (258kB) |
|
Text
ix. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
x. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text
xi. BAB VI.pdf Download (92kB) |
|
Text
xii. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text
xiii. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_xv.Lembar Persetujuan Unggah Karya.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kewibawaan guru merupakan syarat mutlak dalam dunia pendidikan, dimana seorang guru harus memiliki suatu kelebihan totalitas kekuatan dengan demikian semua perintah dan anjurannya harus ditaati oleh siswa dengan penuh kesadaran dan sukarela tanpa adanya paksaan. Sehingga dengan adanya kewibawaan yang dimiliki seorang guru, proses kegiatan belajar mengajar dikelas dapat berlangsung dengan baik. Peranan guru disini sebagai pembimbing yang dapat mengarahkan siswa dan dapat memberikan motivasi untuk mencapai hasil yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kewibawaan Guru di SMK Intensif Baitussalam Tanjunganom? 2) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa di SMK Intensif Baitussalam Tanjunganom? 3)Adakah pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Intensif Baitussalam?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kewibawaan guru terhadap siswa Smk Intensif Baitussalam, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar pada siswa Smk Intensif Baitussalam, 3) Untuk mengetahui pengaruh antara kewibawaan guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa Smk Intensif Baitussalam. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memakai statistik non parametik, populasi seluruh guru SMK Intensif Baitussalam Tanjunganom, dan sampelnya 10 guru yang mengajar dikelas X TKR 1. Guru tersebut akan dinilai kewibawaannya oleh 30 siswa. Uji hipotesis yang digunakan dipenelitian ini adalah menggunakan analisis korelasi spearman rank, dimana jumlah sampel kurang dari 30. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwal 1) kewibawaan 10 guru yang dinilai oleh 30 siswa didapatkan nilai rata-rata 55,23 dengan kategori Baik 2) motivasi belajar siswa pada 10 pelajaran dari motivasi belajar 30 siswa didapatakan rata-rata 32,60 dengan kategori tinggi. 3) pengaruh kewibawaan guru terhadap motivasi belajar didapatkan korelasi hitung 0,652 ≥ 0,632, dengan dk 10 dan taraf kesalahan 5%, maka dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 06:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 02:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/193 |
Actions (login required)
View Item |