Analisis Strategi Digital Marketing Melalui TikTok Live Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Thriftfeeya Desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri

PUTRIANA, SILVIA EKA (2025) Analisis Strategi Digital Marketing Melalui TikTok Live Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Thriftfeeya Desa Ngebrak Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403065_prabab.pdf

Download (551kB)
[img] Text
21403065_bab1.pdf

Download (275kB)
[img] Text
21403065_bab2.pdf

Download (598kB)
[img] Text
21403065_bab3.pdf

Download (292kB)
[img] Text
21403065_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
21403065_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
21403065_bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
21403065_daftarpustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi..pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing melalui TikTok Live dalam meningkatkan penjualan pada toko Thriftfeeya di Desa Ngebrak, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Tiktok Live dipilih karena kemampuannya dalam menyediakan interaksi secara langsung yang dapat membangun kepercayaan, mempererat hubungan emosional, serta memepercepat proses pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) guna memahami perilaku konsumen dalam konteks pemasaran digital. Hasil penelitian ini menunjukkan dua temuan utama. (1) Implementasi Strategi Digital Marketing TikTok Live Oleh Thriftfeeya. Dilakukan melalui pendekatan yang menarik dan komunikatif, seperti penggunaan judul siaran yang memikat (“harga 30 ribuan”, “cuci gudang”), penampilan produk unggulan di awal siaran, serta interaksi yang ramah, jujur, dan responsif antara penjual dan pembeli. Strategi ini mendorong terciptanya kedekatan emosional dan meningkatkan minat beli secara spontan. Analisis dengan model AISAS menunjukkan bahwa konsumen tidak hanya tertarik dan melakukan pembelian, tetapi juga secara sukarela membagikan pengalaman mereka di media sosial, yang memperkuat efek promosi dari mulut ke mulut. (2) Implementasi Strategi Digital Marketing TikTok Live dalam Meningkatkan Penjualan. Dibuktikan dengan pencapaian target penjualan dari 700-900 item, peningkatan omzet dari Rp67 juta menjadi Rp1,2 miliar, serta perolehan laba sebesar 20% dari omzet bersih. Strategi ini juga berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis Thriftfeeya secara keseluruhan, yang terlihat dari penambahan tenaga kerja, peningkatan durasi siaran live, penambahan gudang, serta bertambahnya jumlah stok barang. Studi ini juga merekomendasikan penelitian lanjutan dengan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan secara lebih rinci.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: SILVIA EKA PUTRIANA
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:30
Last Modified: 10 Oct 2025 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item View Item