Implementasi Kegiatan "Kajian Kitab Siswi Udzur" Untuk Menambah Pengetahuan Keagamaan Di MAN 1 Lamongan

Rahmawati, Maulidiyah (2025) Implementasi Kegiatan "Kajian Kitab Siswi Udzur" Untuk Menambah Pengetahuan Keagamaan Di MAN 1 Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201210_Prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
21201210_bab1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
21201210_bab2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
21201210_bab5.pdf

Download (279kB)
[img] Text
21201210_bab3.pdf

Download (282kB)
[img] Text
21201210_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
21201210_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
21201210_bab6.pdf

Download (160kB)
[img] Text
21201210_daftarpustaka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
21201210_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201210_lembarpersetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)

Abstract

MAULIDIYAH RAHMAWATI, Dosen Pembimbing Zakiyatus Soimah, M.HI. dan Muhammad Nabhani, M.H. “Implementasi Kegiatan Kajian Kitab Siswi Udzur untuk Menambah Pengetahuan Keagamaan di MAN 1 Lamongan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025.Kata Kunci: Kajian Kitab, Siswi Udzur, Pengetahuan KeagamaanPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan kegiatan “kajian kitab siswi udzur” untuk menambah pengetahuan keagamaan di MAN 1 Lamongan, 2) Implementasi kegiatan “kajian kitab siswi udzur” untuk menambah pengetahuan keagamaan di MAN 1 Lamongan, 3) Evaluasi kegiatan “kajian kitab siswi udzur” untuk menambah pengetahuan keagamaan di MAN 1 Lamongan, 4) Manfaat kegiatan “kajian kitab siswi udzur” untuk menambah pengetahuan keagamaan di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta validitas data yang diuji melalui triangulasi. Salah satunya adalah triangulasi sumber dengan melibatkan Pembina Seksi Bidang 1, siswi dan pemateri kegiatan kajian kitab siswi udzur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan kegiatan “kajian kitab siswi udzur” meliputi Penetapan tujuan dan latar belakang program, Pemilihan pemateri, Penentuan kitab, Mekanisme penyusunan jadwal. 2) Implementasi kegiatan “kajian kitab siswi udzur” meliputi Pelaksanaan kegiatan kajian kitab dilaksanakan setiap senin sampai kamis setelah jam pelajaran ke enam, Pembina sekbid 1 bekerjasama dengan pemateri, satpam dan sekbid 2 guna kelancaran dan ketertiban selama pelaksanaan kegitan kajian kitab siswi udzur, Menggunakan kitab kuning sebagai acuannya seperti Lubabul Hadits, Tarhib wa Targhib, Akhlakun Nisa, Risalatul Mahid, dan I’anatun Nisa’. 3) Evaluasi kegiatan “kajian kitab siswi udzur” meliputi evaluasi yang dilaksanakan oleh Pembina sekbid 1 setiap enam bulan sekali dan rapat kerja bersama beberapa pihak seperti yang kepala sekolah, waka kesiswaan, OSIS, MPK dan seluruh Pembina dari sekbid 1 sampai 10 yang dilaksanakan setiap setahun sekali 4) Adapun manfaat kegiatan “kajian kitab siswi udzur” meliputi dapat menambah pengetahuan keagamaan bagi siswi yang mengikuti kegiatan kajian kitab siswi udzur, memanfaatkan waktu luang untuk hal yang positif dan manfaatkan ilmu baru tersebut untuk diterpkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidiyah Rahmawati
Date Deposited: 04 Dec 2025 06:58
Last Modified: 04 Dec 2025 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item View Item