Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMPN 1 Kandat Kelas VII Kandat Kediri

RAHMAH, MIFTAKHUR (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMPN 1 Kandat Kelas VII Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. COVER_Halaman Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB I-VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Surat Penelitian_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya Laboratorium PAI yang dijadikan guru PAI sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam hal ini peneliti menghubungkan upaya yang diterapkan guru PAI untuk menanamkan karakter religius siswa kelas VII di SMPN 1 Kandat Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam hal ini fokus penelitianya adalah (1) Bagaimana tindakan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMPN 1 Kandat ? (2) Bagaimana karakter siswa di SMPN 1 Kandat ? (3) Apakah faktor penghambat dan pendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMPN 1 Kandat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya studi kasus. Untuk mendapatkan data terkait dengan fokus penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Guru Bimbingan Konseling, Wakil Kepala Sekolah dan siswa kelas VII. Dalam penelitian ini di hasilkan tiga temuan, yaitu : (1) Mengadakan program sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, mengadakan kegiatan binadhor (BTQ), memberikan fasilitas yang mendukung, memberikan pendekatan secara berkesinambungan, memberikan penghargaan (Rewards) dan hukuman (Punishment), mengadakan peringatan hari besar Islam (PHBI) (2) Karakter religius siswa kelas VII bisa dilihat dari kesadaran siswa dalam mengikuti sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah sudah tertib, sosialisasi 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun ) sudah diterapkan dilingkungan sekolah, ketaatan pada perintah guru dan tolong menolong terhadap sesama juga sudah menjadi kebiasaan siswa disekolah (3) faktor pengambat yaitu kurangnya jumlah Guru Pendidikan Agama Islam, kurangnya jam mengajar, kurangnya dana. faktor pendukungnya yaitu adanya Laboratorium Pendidikan Agama Islam dan adanya kerjasama antara guru PAI dan guru-guru yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:09
Last Modified: 20 Feb 2019 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item