Arnifa, Zakia (2025) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan Program One Month One Book untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas X DKV Di SMK PGRI 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21207028_Prabab.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21207028_BAB1.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
21207028_BAB2.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
21207028_BAB3.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
21207028_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
21207028_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
![]() |
Text
21207028_BAB6.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text
21207028_DaftarPustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Zakia Arnifa, 2025. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dengan Program One Month One Book untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas X DKV di SMK PGRI 1 Kota Kediri. Skripsi. Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing: Dr. Salma Sunaiyah, S.Ag, M.Pd dan Erawati Dwi Lestari, M.Hum. One Month One Book (OMOB) adalah sebuah program yang bertujuan untuk membiasakan siswa membaca dengan menanamkan minat baca yang tinggi. Program ini diresmikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan OMOB dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam setiap minggu di setiap unit sekolah,dilakukan secara serentak. Dalam program ini, siswa untuk membaca minimal satu buku setiap bulannya. Setelah selesai membaca buku, siswa diminta untuk melaporkan hasil bacaannya dalam buku catatan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui program One Month One Book (OMOB) dalam meningkatkan minat baca siswa kelas X di SMK PGRI 1 Kota Kediri. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa SMK yang cenderung lebih menyukai aktivitas praktik dibanding membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program OMOB dimulai dari inisiatif guru Bahasa Indonesia dan dikembangkan melalui kolaborasi bersama tim kurikulum dan kesiswaan, dengan memperhatikan karakteristik siswa SMK. (2) Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara fleksibel, siswa membaca satu buku setiap bulan baik secara cetak maupun digital, lalu melaporkan dalam bentuk review atau presentasi. (3) Evaluasi dilakukan secara berkala melalui rapat guru dan refleksi pelaksanaan di kelas. Dampak dari program ini adalah meningkatnya minat baca siswa, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi literasi. Kendala utama adalah keterbatasan fasilitas dan variasi motivasi siswa. Solusinya, sekolah menyediakan Tugu Baca yang terhubung dengan bahan bacaan digital. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program OMOB secara terstruktur, adaptif, dan kontekstual dapat menjadi strategi efektif dalam menumbuhkan budaya literasi di sekolah kejuruan. Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, One Month One Book, Minat Baca
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ZAKIA ARNIFA |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |