Strategi Marketing Mix (4p) Cafe Prongos Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan di Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri

Putri, Bela Ananda (2025) Strategi Marketing Mix (4p) Cafe Prongos Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan di Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403080_prabab.pdf

Download (561kB)
[img] Text
21403080_bab1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
21403080_bab2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
21403080_bab3.pdf

Download (264kB)
[img] Text
21403080_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21403080_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
21403080_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
21403080_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi..pdf

Download (141kB)

Abstract

Perkembangan industri cafe di kawasan wisata pegunungan seperti Besuki menunjukkan potensi besar seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap tempat nyaman untuk bersantai dengan suasana alam yang indah. Cafe Prongos menjadi salah satu destinasi unggulan yang menawarkan konsep tradisional modern serta panorama alam yang menarik. Namun di tengah persaingan bisnis cafe yang semakin ketat di kawasan wisata Besuki di perlukan strategi pemasaran yang efektif sehingga akan meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix 4p Cafe Prongos untuk meningkatkan omzet penjualan dan menganalisis dalam perspektif syariah marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dengan owner cafe prongos, karyawan dan pelanggan, sedangkan data sekunder dari hasil dokumentasi. Peneliti menganalisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi marketing mix produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) yang dilakukan cafe prongos secara efektif mampu meningkatkan omzet penjualan, di mana keunikan produk, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis di kawasan wisata besuki, serta promosi melalui media sosial dan rekomendasi dari pelanggan menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan usaha secara berkelanjutan. 2) Strategi marketing mix 4p cafe prongos untuk meningkatkan omzet penjualan yang diterapkan sesuai dengan Syariah Marketing yaitu Teistis (Rabbaniyah), Etis (Akhlakiyah), Realistis (Al- Waqi’iyah), dan Humanistis (Insaniyah) serta sesuai dengan ciri pemasar yaitu shidiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (transparan) dan fathanah (cerdas).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: BELA ANANDA PUTRI
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:04
Last Modified: 25 Sep 2025 06:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19179

Actions (login required)

View Item View Item