Pengembangan Media Pembelajaran Energixplore Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Energi Kelas IV MI Ma’arif NU Insan Cendikia

Jannah, Siti Nur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Energixplore Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Energi Kelas IV MI Ma’arif NU Insan Cendikia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206093_prabab.pdf

Download (890kB)
[img] Text
21206093_bab1.pdf

Download (807kB)
[img] Text
21206093_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206093_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text
21206093_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206093_bab5.pdf

Download (584kB)
[img] Text
21206093_daftarpustaka.pdf

Download (522kB)
[img] Text
21206093_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
21206093_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (191kB)

Abstract

Siti Nur Jannah, Dosen Pembimbing Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd, Atika Anggraini, M. Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Energixplore Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Energi Kelas IV Mi Ma’arif Nu Insan Cendikia, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan, EnergiXplore, Kemampuan Kognitif, IPAS, Energi Materi energi mencakup pemahaman tentang bentuk-bentuk energi, sumber energi, perubahan energi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini penting dikuasai siswa karena berkaitan langsung dengan fenomena yang mereka jumpai dalam aktivitas harian. Namun, keterbatasan media pembelajaran yang interaktif seringkali menjadi kendala dalam menyampaikan konsep energi secara konkret dan mudah dipahami. Oleh karena itu, tujuan utama dari pengembangan media Energixplore adalah (1) untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran aplikasi EnergiXplore yang sesuai untuk pembelajaran IPAS kelas IV; (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran EnergiXplore terhadap pengngkatan kemampuan kognitif siswa; (3) untuk mengetahui tingkat keefektivan media pembelajaran aplikasi EnergiXplore pada peningkatan kemampuan kognitif siswa Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU Insan Cendikia Kota Kediri kelas IV dengan jumlah 29 siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, diantaranya (1) Analisis (Analysis); (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Uji kelayakan media yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan Skala Likert. Perhitungan analisis produk dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Wilcoxon dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa aplikasi yang dirancang dengan model ADDIE. Pada tahap analisis yaitu dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain dilakukan dengan menyusun rancangan media. Pada tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangan media sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Pada tahap Implementasi dilakukan dengan uji coba media di kelas IV. Pada tahap evaluasi dilakukan dilakukan secara menyeluruh pada setiap tahap; (2) Hasil dari validasi media mendapatkan nilai presentase sebesar 98%. Validasi materi mendapatkan nilai presentase sebesar 73%. Media aplikasi ini dinilai layak digunakan dalam pembelajaran (3) Skor pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan nilai rata-rata pretest 59% dan meningkat menjadi 86%. Selain itu berdasarkan uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z sebesar -4,222 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,63 dengan kategori “sedang” karena 0,63 ≥ 0,3. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi EnergiXplore efektif dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI NUR JANNAH
Date Deposited: 04 Dec 2025 06:36
Last Modified: 04 Dec 2025 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19136

Actions (login required)

View Item View Item