Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa (Studi Kasus Di SMP Al Huda Kota Kediri)

Sayyidah, Nur Aini (2025) Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa (Studi Kasus Di SMP Al Huda Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205110_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21205110_bab1.pdf

Download (282kB)
[img] Text
21205110_bab2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
21205110_bab3.pdf

Download (308kB)
[img] Text
21205110_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205110_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
21205110_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
21205110_daftarpustaka.pdf

Download (213kB)

Abstract

SAYYIDAH, NUR AINI. Dosen Pembimbing Jerhi Wahyu Fernanda, M.SI. dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd. Manajemen Kesiswaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Non akademik Siswa. Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2025 Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Ekstrakurikuler, Prestasi Non-Akademik, SMP Al Huda, Penelitian Kualitatif. Kegiatan ekstrakurikuler yang dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan prestasi non-akademik siswa di bidang seni, olahraga, dan organisasi. SMP Al Huda Kota Kediri dipilih sebagai lokasi penelitian karena aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan berhasil meraih 31 prestasi non-akademik dalam lima tahun terakhir, meskipun sempat mengalami penurunan pada satu tahun tertentu. Sekolah ini juga memiliki 11 jenis ekstrakurikuler yang dikelola secara sistematis oleh manajemen kesiswaan. Kondisi tersebut menunjukkan adanya peran penting manajemen kesiswaan dalam merancang, membina, dan mengevaluasi kegiatan untuk mendukung prestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana manajemen kesiswaan berkontribusi dalam meningkatkan prestasi nonakademik melalui pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi waka kesiswaan, koordinator ekstrakurikuler, guru pembina, dan siswa aktif ekstrakurikuler. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pembinaan, dan evaluasi manajemen kesiswaan dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non-akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilakukan secara terstruktur berdasarkan minat dan bakat siswa, serta ditetapkan dalam program kerja tahunan; (2) Pembinaan dilaksanakan secara rutin dan terjadwal, dengan menekankan pada penanaman nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri; (3) Evaluasi dilakukan melalui pemantauan keaktifan siswa, capaian prestasi, serta rapat evaluasi berkala antara pembina dan manajemen sekolah. Manajemen kesiswaan yang efektif dalam ketiga aspek tersebut terbukti berkontribusi terhadap peningkatan prestasi non-akademik siswa di SMP Al Huda Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: NUR AINI SAYYIDAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:56
Last Modified: 23 Sep 2025 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item