Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2024)

Armaningrum, Faradhiba Julia (2025) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri Tahun Angkatan 2024). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401170_prabab.pdf

Download (982kB)
[img] Text
21401170_bab1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
21401170_bab2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
21401170_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
21401170_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
21401170_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
21401170_bab6.pdf

Download (68kB)
[img] Text
21401170_daftarpustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
21401170_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ARMANINGRUM, FARADHIBA JULIA. Dosen Pembimbing Ibu Mahfudhotin, M.Si. dan Bapak Soleh Mauludin, S.E., M.S.I., Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Harga, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Online pada Markatplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Kediri angkatan 2024). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kemudahan penggunaan merupakan sejauh mana konsumen dapat mengakses dan mamahami sistem dengan mudah baik mengoperasikan atau menggunakan. Harga sebagai salah satu faktor utama dalam keputusan pembelian, bermakna sebagai alat transaksi yang digunakan konsumen untuk memperolah barang atau layanan yang diinginkan. Kualitas informasi merupakan bentuk kejelasan, kelengkapan, maupun kredibilitas dalam membantu konsumen membuat keputusan pembelian. Keputusan pembelian diartikan sebagai proses perilaku konsumen dalam memilih dan menentukan produk atau layanan yang akan dibeli setelah mempertimbangkan berbagai fakto-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online pada pengguna marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner yang disebarkan secara online dengan kriteria responden yang telah ditentukan. Penelitian ini memperoleh 245 responden dan dianalisis melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah IBM SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas informasi tergolong dalam kategori sedang atau cukup. Terdapat korelasi kuat antara kemudahan penggunaan dengan keputusan pembelian sebesar 0,718, harga dengan keputusan pembelian sebesar 0,769, dan kualitas informasi dengan keputusan pembelian sebesar 0,788. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 8,322+0,139X_1+0,327X_2+0,456X_3. Berdasarkan uji t, kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig. 0,063 > 0,05. Sedangkan harga dan kualitas informasi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nila sig. 0,000<0,05. Berdasarkan uji F, nilai sig. 0,000<0,05 sehingga disimpulkan bahwa kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,673 yang berarti kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 67,3%, sedangkan sisanya sebsar 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas informasi yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan, Harga, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: FARADHIBA JULIA ARMANINGRUM
Date Deposited: 11 Sep 2025 06:37
Last Modified: 11 Sep 2025 06:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18997

Actions (login required)

View Item View Item