Mubarok Luthfi, Muhammad (2025) ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932115719_prabab.docx.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text
932115719_bab1.docx.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
932115719_bab2.docx.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
932115719_bab3.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text
932115719_bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
![]() |
Text
932115719_bab5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text
932115719_bab6.docx.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
932115719_daftar_pustaka.docx.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
932115719_lampiran.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.docx Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Mubarok Muhammad Luthfi, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Nila Lukmatus Syahida, M.Pd.I. Analisis Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN Kota Kediri. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan kurikulum ini di berbagai satuan pendidikan, termasuk di tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Kediri. Hal ini terutama disebabkan oleh persepsi dan kesiapan guru yang belum sepenuhnya sejalan dengan semangat dan tujuan dari Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri Kota Kediri. Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang memberikan kebebasan kepada guru dan peserta didik untuk mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan, karakteristik, serta lingkungan belajar masing-masing. Dalam konteks PAI, kurikulum ini menekankan pembelajaran yang kontekstual, penguatan karakter, serta pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner terhadap guru-guru PAI di SMPN 3, 5, dan 7 Kota Kediri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa mayoritas guru memiliki persepsi positif terhadap Kurikulum Merdeka. Mereka mengapresiasi fleksibilitas kurikulum, keberagaman metode pembelajaran, serta bentuk evaluasi yang lebih kreatif dan kontekstual. Namun, ditemukan pula beberapa kendala, seperti tuntutan administratif, keterbatasan waktu, dan kebutuhan peningkatan kompetensi teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi guru berperan penting dalam keberhasilan implementasi kurikulum. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan dan dukungan sumber daya agar guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi tenaga pendidik, sekolah, dan peneliti selanjutnya dalam memahami dan mengembangkan praktik pembelajaran PAI yang efektif dan relevan dalam kerangka Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD LUTHFI MUBAROK |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |