Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Based Learning (GBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Statistika Di MTsN 2 Kota Kediri Kelas VIII

Sari, Dwi Ratna (2025) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Based Learning (GBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Statistika Di MTsN 2 Kota Kediri Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204005_prabab.pdf

Download (914kB)
[img] Text
21204005_bab1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
21204005_bab2.pdf

Download (673kB)
[img] Text
21204005_bab3.pdf

Download (717kB)
[img] Text
21204005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21204005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
21204005_daftarpustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
21204005_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
21204005_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berupa PowerPoint Interaktif guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi statistika di MTsN 2 Kota Kediri. latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh penggunaan medi pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi 10 peserta didik dari kelas VIII-E untuk uji coba skala kecil, 30 peserta didik dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen, dan 32 peserta didik kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media PowerPoint Interaktif berdasarkan aspek materi sebesar 88% dengan kategori “Sangat Valid”, dari aspek media sebesar 87,5% dengan kategori “Sangat Valid”, dan dari validasi instrumen angket motivasi belajar sebesar 86% dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan aspek kepraktisan, penilaian oleh praktisi lapangan sebesar 95,8% dengan kategori “Sangat Praktis”. Sementara itu, dari respon peserta didik sebesar 75% pada uji coba skala kecil dan 77% pada uji coba skala besar, keduanya termasuk dalam kategori “Praktis”. Berdasarkan aspek keefektifan, hasil uji coba skala kecil menunjukkan rata-rata sebesar 70% dengan kategori “Tinggi”. Pada kelas eksperimen, diperoleh sebesar 85% dengan kategori “Sangat Tinggi”, dibandingkan kelas kontrol sebesar 71% dengan kategori “Tinggi”. Dengan demikian, media PowerPoint Interaktif dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Analisis statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen sebesar 0.5578 dengan kategori “Sedang”, dan pada kelas kontrol sebesar 0.1612 dengan kategori “Rendah”. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sebagai saran untuk pengembangan selanjutnya disarankan agar menggunakan perangkat lunak yang lebih beragam dan menerapkan model pembelajaran lain seperti Project Based Learning (PjBL) dan pembelajaran Kooperatif dengan model Think-Pair-Share sebagai inovasi dalam pengembangan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: DWI RATNA SARI
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:46
Last Modified: 21 Aug 2025 06:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item