Pengembangan komik digital aljabar berbasis edutainment untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada siswa SMPN 9 Kediri

Nisa, Afifatun (2025) Pengembangan komik digital aljabar berbasis edutainment untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada siswa SMPN 9 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204046_prabab.pdf

Download (10MB)
[img] Text
2120406_bab1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
21204046_bab2.pdf

Download (276kB)
[img] Text
21204046_bab3.pdf

Download (622kB)
[img] Text
21204046_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21204046_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
21204046_daftarpustaka.pdf

Download (210kB)
[img] Text
21204046_lampiran.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Surat Peryataan Publikasi Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Literasi numerasi adalah kemampuan menggunakan angka dan simbol matematika untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hasil PISA menunjukkan literasi numerasi siswa Indonesia rendah (skor 366, peringkat 66 dari 81 negara). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media dan kelayakan (validasi, kepraktisan, dan efektifitas) media komik digital untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Reserdh and Development) dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 9 Kota Kediri, uji coba produk dilakukan melalui uji skala kecil sebanyak 5 siswa dan uji skala besar sebanyak 30 siswa dengan validator media yaitu ahli media, ahli materi dan guru pengajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil validasi media 81% dan validasi materi 83%, yang termasuk dalam kategori valid. Uji skala kecil menunjukkan hasil skor kepraktisan sebesar 90,40% kategori sangat praktis dan angket respon siswa menunjukkan skor rata-rata 89,87% dalam kategori sangat tinggi dengan respon siswa positif. Hasil uji skala besar menunjukkan respon siswa positif terhadap media, dengan rata-rata skor angket respon sebesar 67% (kategori tinggi). Sedangkan hasil uji tes skala besar dengan indikator kemampuan literasi numerasi mendapat skor sebesar 56,69% dengan kategori cukup efektif. Data ini didukung oleh hasil uji N-Gain yang mengindikasikan efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Dengan demikian, komik digital aljabar berbasis edutainment terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, khususnya pada materi aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: AFIFATUN NISA
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:49
Last Modified: 14 Aug 2025 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item