FAUZIYAH, NURUL (2025) Pengembangan Media Pineta (Papan Pintar Matematika) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas V-A Sdi Modern NU Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206095_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206095_bab1.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
21206095_bab2.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text
21206095_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
![]() |
Text
21206095_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206095_bab5.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
21206095_daftarpustaka.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
21206095_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206095_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (198kB) |
Abstract
Nurul Fauziyah, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi’an,M.Pd. dan Tutik Dinur Rofiah,S.Pd.I.M.Pd, Pengembangan Media PINETA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas V-A SDI Modern NU Plemahan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kemampuan Berhitung, Materi KPK dan FPB Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidakmampuan peserta didik dalam menghitung KPK dan FPB, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman materi yang dialami oleh peserta didik dari penjelasan yang diberikan oleh guru. Dalam penyampaian materi guru belum menerapkan media baik konvensional maupun digital. Hal tersebut membuat peserta didik memiliki kemampuan berhitung yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pengembangan media PINETA.2) mengetahui kelayakan media PINETA 3) mengetahui efektifitas media PINETA untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas VA SDI Modern NU Plemahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDI Modern NU Plemahan pada kelas VA, dengan 26 responden. Pada penelitian ini terdapat 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dan uji N Gain. Melalui tahapan tersebut telah dikembangkan produk berupa media pembelajaran PINETA. Hasil uji kelayakan materi mendapatkan 92%, kelayakan dari ahli media Idan II mendapatkan 92% dan 97%, dan uji kelayakan dari ahli pembelajaran mendapatkan 98%. Hasil uji efektivitas media PINETA dengan menganalisis nilai pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain mendapatkan nilai 0,74 dengan kategori tinggi atau 74% dengan kategori cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa media terbukti layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas VA SDI Modern NU Plemahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NURUL FAUZIYAH |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |