Puspitasari, Devy (2020) Hubungan Prestasi Belajar Akidah Akhlak dan Konformitas Teman Sebaya dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah di MTs Nurul Islam Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932146415 Pra Bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932146415 Bab 1.pdf Download (101kB) |
|
Text
932146415 Bab 2.pdf Download (545kB) |
|
Text
932146415 Bab 3.pdf Download (106kB) |
|
Text
932146415 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Text
932146415 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
932146415 Bab 6.pdf Download (8kB) |
|
Text
932146415 Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) |
|
Text
932146415 Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepatuhan merupakan salah satu bentuk pengaruh sosial dimana orang yang memiliki kuasa tinggi dapat memerintahkan seseorang atau lebih untuk melakukan sesuatu. Kepatuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Gunarsa menyatakan salah satu faktor yang memperngaruhi kepatuhan adalah ketidakmampuan siswa mengikuti pelajaran di sekolah serta kemampuan intelektual yang dimiliki siswa. Sedangkan menurut Brown salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan adalah hubungan dengan teman sebaya. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikan teori Gunarsa dan Brown dengan mengetahui hubungan prestasi belajar akidah akhlak dan konformitas teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah di MTs Nurul Islam Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Peneliti melakukan pertimbangan dengan memilih kelas dengan karakteristik yang sama sehingga peneliti memilih kelas VIII A dan VIII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan terdapat pengaruh antara prestasi belajar akidah akhlak, konformitas teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah di MTs Nurul Islam Kediri. Dengan sumbangan efektif sebesar 52,60%. Kemudian hasil yang didapatkan secara parsial yakni, terdapat pengaruh positif antara prestasi belajar akidah akhlak dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Islam Kediri dengan persentase sebesar 4,7% dan terdapat pengaruh positif konformitas teman sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan sekolah kelas VIII di MTs Nurul Islam Kediri dengan persentase 47,9%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1856 |
Actions (login required)
View Item |