Pengaruh Label Halal terhadap keputusan pembelian Soto Ayam Tamanan (Studi pada konsumen UMKM Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri)

Tiyas, Vionada Pratiwi Ning (2025) Pengaruh Label Halal terhadap keputusan pembelian Soto Ayam Tamanan (Studi pada konsumen UMKM Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401082_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401082_bab1.pdf

Download (710kB)
[img] Text
21401082_bab2.pdf

Download (587kB)
[img] Text
21401082_bab3.pdf

Download (622kB)
[img] Text
21401082_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
21401082_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
21401082_bab6.pdf

Download (325kB)
[img] Text
21401082_daftar pustaka.pdf

Download (442kB)

Abstract

Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri merupakan kuliner khas Kota Kediri yang legendaris dan berdiri sejak tahun 1969. Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan sudah memiliki sertifikasi halal sejak bulan September tahun 2023. Sekarang sentra kuliner di kawasan Terminal Tamanan menjadi destinasi kuliner halal pertama di Kota Kediri dan Jawa Timur. Adapun fokus penelitian ini : 1) Bagaimana pengaruh label halal pada produk Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri? 2) Bagaimana keputusan pembelian pada konsumen Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri? 3) Bagaimana label halal produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, yaitu berupa angka dan statidtik. Sumber data diperoleh dari hasil angket dan kuisioner yang disebarkan langsung kepada konsumen Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas, uji korelasi, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan terakhir uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Tanggapan konsumen Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri tentang label halal sebagai tanda bahwa produk tersebut halal cukup baik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata sebesar 26,09. 2) Keputusan pembelian pada Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri berada pada kategori cukup baik dengan kualitas dan kehalalan produk yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata sebesar 30,12. 3) Pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian melalui uji regresi dengan nilai sebesar 0,084. Sehingga, jika variabel label halal meningkat satu nilai, maka keputusan pembelian akan meningkat 0,084. Label halal pada Soto Ayam Bok Ijo Pak No memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan uji t dimana nilai t hitung 3,407 yang lebih besar dari t tabel (1,649) dan nilai signifikansi label halal sebesar 0,001 lebih kecil dari α (0,05). Selain itu, berdasarkan uji F nilai F hitung sebesar 11,607 > F tabel sebesar 3,02 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh simultan. Bahwa ada hubungan yang positif secara signifikan dan simultan antara label halal terhadap keputusan pembelian di Soto Ayam Bok Ijo Pak No Tamanan Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: VIONADA PRATIWI NING TIYAS
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:47
Last Modified: 04 Aug 2025 07:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item