Pengaruh Literasi Keuangan Dan Self-Control Terhadap Impulsive Buying Decision Shopee Marketplace Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Iain Kediri)

Adzin, Muhammad Syahru (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Self-Control Terhadap Impulsive Buying Decision Shopee Marketplace Pada Generasi Z (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Iain Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21403064_prabab.pdf

Download (627kB)
[img] Text
21403064_bab1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
21403064_bab2.pdf

Download (286kB)
[img] Text
21403064_bab3.pdf

Download (477kB)
[img] Text
21403064_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
21403064_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
21403064_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21403064_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
21403064_lembar pernyataan publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Impulsive buying merupakan perilaku pembelian konsumen yang bersifat spontan, terpaksa dan tidak berpikir secara jangka panjang, dengan kecenderungan untuk mengikuti dorongan emosional dan keinginan hati. Fenomena impulsive buying sering terjadi pada Generasi Z. Menurut Hanifah dan Fadillah, impulsive buying dipengaruhi oleh literasi keuangan dan self-control. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan self-control secara parsial dan simultan terhadap impulsive buying di marketplace Shopee pada mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Kediri pada marketplace Shopee. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael sehingga diperoleh sebanyak 251 sampel. Data diproses dengan menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying mahasiswa di marketplace Shopee. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t variabel literasi keuangan memperoleh nilai sig. 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Self-control secara parsial berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying di marketplace Shopee. Hal tersebut berdasarkan hasil uji t variabel self-control memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Literasi keuangan dan self-control secara simultan berpengaruh negatif signifikan terhadap impulsive buying di marketplace Shopee. Hal tersebut berdasarkan hasil uji F memperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis regresi berganda diperoleh Y = 27,344 + (-0,179)X1 + (-0,230)X2 + e. Hasil uji koefisien determinasi (R2) yatu 0,188 yang artinya literasi keuangan dan self-control berpengaruh sebesar 18,8% terhadap impulsive buying mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Kediri di marketplace Shopee. Sedangkan sisanya 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: MUHAMMAD SYAHRU ADZIN
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:53
Last Modified: 28 Jul 2025 03:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item