Ciptasari, Jesy (2025) Analisis Kinerja Lembaga Amil Zakat Dengan Metode Maslahah Performa (Map) (Studi Di LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21402146_prabab.pdf Download (968kB) |
![]() |
Text
21402146_bab1.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
21402146_bab2.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
21402146_bab3.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
21402146_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
![]() |
Text
21402146_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
21402146_bab6.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
21402146_daftarpustaka.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
21402146_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21402146_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (328kB) |
Abstract
JESY CIPTASARI, Dosen Pembimbing Nilna Fauza, M.HI dan Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza, ME : Analisis Kinerja Lembaga Amil Zakat dengan Metode Maslahah Performa (MaP) (Studi di LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri). Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2025.Kata Kunci: Kinerja, Lembaga Amil Zakat, dan Maslahah Performa (MaP). Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, tidak heran bilamana potensi zakat yang dihimpun lebih besar daripada negara lain. Akan tetapi, faktanya masih terdapat ketimpangan distribusi kekayaan yang tidak merata. Lembaga Amil Zakat sebagai organisasi yang mengelola baik menghimpun dan mendistribusikan ZISWAF mempunyai peran penting, sehingga kinerja LAZ diharapkan mampu memberikan kemaslahatan pada setiap umat khususnya kepada golongan yang dinilai perlu menerima zakat. Tujuan daripada penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kinerja yang telah diterapkan LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri berdasarkan penilaian Maslahah Performa (MaP). (2) Mengetahui pengukuran kinerja proses dan kinerja hasil LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri berdasarkan penilaian Maslahah Performa (MaP). Jenis penelitian ini menggunakan metode kombinasi atau mixmethod. Penelitian ini tergolong kombinasi dengan model sequential exploratory, dimana peneliti menggunakan metode kualitatif sebagai langkah pertama, kemudian diikuti dengan metode kuantitatif sebagai data penguat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket, triangulasi dan statistik deskriptif. Tahap analisis data pada kualitatif dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Data kuantitatif di dapat pada kuesioner karyawan, mustahiq, dan muzakki untuk menguatkan orientasi maslah performa khususnya pada orientasi bakat dan orientasi pelanggan. Penelitian ini menganalisis kinerja LAZ dengan menggunakan pendekatan maslahah performa (MaP) pada Lembaga Amil Zakat Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri baik menggunakan formula kinerja proses (process oriented) dan kinerja hasil (result oriented). Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam orientasi kemaslahatan yang ada di LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri. Orientasi tersebut antara lain ibadah, proses internal, bakat, pembelajaran, harta kekayaan, dan pelanggan. Keenam orientasi maslahah yang ditemukan dalam penelitian ini mempunyai pondasi kemaslahatan dalam mewujudkan sasaran strategis tercapainya kemaslahatan. LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri memiliki kinerja proses sebesar 0,85 dan kinerja hasil sebesar 0,78 yang berarti bahwa LAZ Sahabat Mustahiq Sejahtera Kediri telah menerapkan kinerja MaP meskipun belum maksimal dan lembaga ini sudah memberikan kemaslahatan pada pemangku kepentingan (karyawan, mustahiq, dan muzakki) meskipun belum secara penuh.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | JESY CIPTASARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |