Lestari, Amalia Fuji (2020) Peran Pembelajaran “Seri Fiqh Kehidupan Muamalat” Karya Ahmad Sarwat Terhadap Persepsi Santri Tentang Prinsip Bank Syariah (Studi Kasus di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931405316 prabab.pdf Download (715kB) |
|
Text
931405316 bab1.pdf Download (705kB) |
|
Text
931405316 bab2.pdf Download (647kB) |
|
Text
931405316 bab3.pdf Download (337kB) |
|
Text
931405316 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text
931405316 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
|
Text
931405316 bab6.pdf Download (313kB) |
|
Text
931405316 DP.pdf Download (422kB) |
|
Text
931405316 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Seri Fiqh Kehidupan: Muamalat merupakah salah satu seri buku Fiqh karya Ahmad Sarwat yang didalamnya memuat akad-akad pada prinsip bank syariah. Dalam buku ini berisi pandangan dalam Fiqh 4 Mazhab dan pandangan para ulama yang sesuai al-Qur’an dan Hadist dengan penyampaian bahasa yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah dipahami. Persepsi santri merupakan suatu bentuk argumen atau pemikiran yang terbentuk dari suatu proses pembelajaran dan pengalaman dimasa lalu, sehingga dengan adanya suatu pembelajaran akan mengubah cara pandang seseorang. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran “Seri Fiqh Kehidupan Muamalat” Karya Ahmad Sarwat Tentang Prinsip Bank Syariah di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren? (2) Bagaimana Peran Pembelajaran “Seri Fiqh Kehidupan Muamalat” Karya Ahmad Sarwat Terhadap Persepsi Santri Tentang Prinsip Bank Syariah di Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren? Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran Seri Fiqh Kehidupan Muamalat” dimulai dengan pembukaan oleh santri yang bertugas sebagai presentator, santri tersebut sudah menyiapkan media pembelajaran berupa powerpoint yang ditampilkan menggunakan proyektor, santri lain bertugas sebagai audiens yang menyimak semua pemaparan, setelah proses presentasi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pengajar bertugas sebagai fasilitator atau penengah apabila terjadi suatu perdebatan atau pertanyaan yang belum terjawab oleh presentator. Proses pembelajaran ini menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning. Proses Pembelajaran menghasilkan data input dan output pembelajaran yang mampu membentuk pemahaman para santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. (2) Pembelajaran berperan dalam mengkonstruk persepsi santri sehingga para santri yang belum menjadi nasabah bank syariah tetapi sudah mempelajari “Seri Fiqh Kehidupan Muamalat” karya Ahmad Sarwat mayoritas mempunyai persepsi positif terhadap prinsip bank syariah ditambah adanya keinginan untuk menjadi nasabah bank syariah. Dengan adanya suatu pembelajaran akan memperkuat suatu persepsi atau cara pandang seorang santri dalam memaknai sistem perbankan syariah pada saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 03:08 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 03:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |