Implikasi Sholat Dhuha terhadap Karakter Disiplin dan Religius Siswa di MTsN 9 Kabupaten Kediri

Afifah, Aulia Nur (2024) Implikasi Sholat Dhuha terhadap Karakter Disiplin dan Religius Siswa di MTsN 9 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201096_prabab.pdf

Download (965kB)
[img] Text
20201096_BAB 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
20201096_BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
20201096_BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
20201096_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
20201096_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
20201096_BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
20201096_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi_aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Kata kunci : Implikasi, Sholat Dhuha, Karakter Disiplin, Karakter Religius Karakter merupakan identitas yang menunjukkan cara berfikir dan berperilaku seseorang dalam menghadapi suatu kondisi. Orang yang memiliki karakter baik dapat berfikir dan memiliki pemahaman yang mendalam terkait pengambilan tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan. Namun, kasus kenakalan remaja makin marak terjadi dan sudah sepatutnya diperhatikan serta ditindak lanjuti. Lemahnya implementasi nilai-nilai karakter pada lembaga-lembaga pendidikan menjadi salah satu penyebabnya. Untuk menumbuhkan karakter bisa dilakukan dengan kegiatan sholat dhuha. Dengan kegiatan sholat dhuha ini untuk mengetahui dampak atau akibatnya terhadap karakter, terutama karakter diriplin dan religius. Dengan ini, fokus penelitian yang akan diteliti adalah 1) Bagaimana perencanaan pelaksanaan sholat dhuha di MTsN 9 Kabupaten Kediri. 2) Bagaimana pelaksanaan sholat dhuha di MTsN 9 Kabupaten Kediri. 3) Bagaimana implikasi sholat dhuha dalam pembentukan karakter disiplin dan religius siswa di MTsN 9 Kabupaten Kediri. Penelitian ini mengunakan metode pendekatan studi kasus dengan jneis penelitian serta data kualitatif. Teknik pengumpulan ata menggunakan 3 cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan perencanaan pelaksanaan sholat dhuha terdiri dari penentuan tujuan, kegiatan koordinasi, menetapkan waktu, tempat, serta metode yang digunakan. 2) kegiatan pelaksanaan sholat dhuha dilaksanakan di halaman Madrasah dengan metode pembiasaan, yang diintegrasikan ke dalam kurikulum, dan pihak yang berperan adalah kepala Madrasah, waka Kurikulum, guru, tim keagamaan dan orang tua siswa. 3) pembentukan karakter disiplin siswa dari pelaksanaan sholaat dhuha diantaranya siswa menjadi mentaati peraturan, jumlah siswa terlambat berkurang, dan siswa menjadi lebih siap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam pembentukan karakter religius siswa, yaitu siswa mengerjakan ibadah sunnah disamping menjalankan ibadah wajib, siswa terbiasa memulai kegiatan dengan berdo’a, siswa menjadi terbiasa untuk mengingat Allah swt.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AULIA NUR AFIFAH
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:15
Last Modified: 21 Jul 2025 04:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18336

Actions (login required)

View Item View Item