Wulansari, Al Qodri Dewi (2025) Penentuan tingkat kesiapan siswa menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan inferensi fuzzy metode mamdani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204056_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21204056_bab1.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
21204056_bab2.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
21204056_bab3.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
21204056_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
21204056_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
![]() |
Text
21204056_bab6.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
21204056_daftarpustaka.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
21204056_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21204056_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Kesiapan siswa dalam menghadapi ANBK merupakan hal penting yang bisa memengaruhi hasil belajar mereka. Karena kesiapan setiap siswa berbeda-beda dan bersifat tidak pasti, maka digunakan metode fuzzy mamdani untuk mengukurnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa dalam menghadapi ANBK dengan menggunakan tahapan dalam inferensi fuzzy mamdani sebagai teknik analisis datanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket dan dokumen absensi siswa. Tahapan inferensi fuzzy mamdani meliputi fuzzyfikasi, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan dan defuzzifikasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa seluruh responden, yaitu siswa A1 hingga A17, tergolong dalam kategori kesiapan “Cukup Siap”, berdasarkan nilai derajat keanggotaan tertinggi pada kategori tersebut. Terdapat variasi nilai keanggotaan antar siswa yang menunjukkan bahwa tingkat kesiapan mereka tidak sama. Siswa A3, A4, A7, A12, A14, dan A15 memiliki persentase nilai keanggotaan 100%, sedangkan siswa A8 dan A9 memiliki persentase yang lebih rendah yaitu 71,136% dan 75,514%. Artinya, meskipun masuk dalam kategori yang sama, setiap siswa tetap memerlukan bantuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, metode fuzzy mamdani bisa membantu guru untuk lebih memahami dan mengelompokkan kesiapan siswa dengan lebih jelas dan detail.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Al Qodri Dewi Wulansari |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |