Zulianti, Isma Devi (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA SISWA DI MTSN 17 JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
932116017_prabab.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
932116017_bab1.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
932116017_bab2.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
932116017_bab3.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
932116017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
932116017_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text
932116017_bab6.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
932116017_daftarpustaka.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
932116017_lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
932116017_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
Abstract
ISMA DEVI ZULIANTI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd., Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dengan Metode Pembiasaan pada Siswa di MTsN 17 Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Keislaman, Metode Pembiasaan. Internalisasi nilai-nilai keislaman dengan metode pembiasaan keagamaan adalah proses menanamkan nilai-nilai keislaman berupa ajaran-ajaran inti dari agama Islam oleh guru yang bertujuan agar ajaran-ajaran keagamaan tersebut tertanam dan melekat dalam lahir dan batin siswa melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan di sekolah yang harapannya agar anak mencintai dan terbiasa dalam kesehariannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui nilai-nilai keislaman yang diinternalisasikan dengan metode pembiasaan pada siswa di MTsN 17 Jombang, mengetahui alasan dilaksanakannya nilai-nilai keislaman dengan metode pembiasaan di MTsN 17 Jombang, mengetahui proses internalisasi nilai-nilai keislaman dengan metode pembiasaan pada siswa di MTsN 17 Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama, dan juga siswa MTsN 17 Jombang. Proses analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pertama, nilai yang diinternalisasikan dengan metode pembiasaan adalah nilai aqidah, akhlak dan ibadah. Kedua, alasan nilai-nilai tersebut diinternalisasikan dengan metode pembiasaan adalah nilai-nilai tersebut adalah nilai dasar yang sangat penting dalam kehidupan untuk membekali siswa sebagai pegangan hidup serta guna mewujudkan visi, misi serta tujuan dari madrasah. Ketiga, proses internalisasi nilai-nilai keislaman dengan metode pembiasaan adalah dengan tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISMA DEVI ZULIANTI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |