HIKMAH, LUTFIYATUL (2018) MPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN PUTRI HIDAYATUL MUBTADI-AAT LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932104414_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932104414_BAB I.pdf Download (684kB) |
|
Text
932104414_BAB II.pdf Download (389kB) |
|
Text
932104414_BAB III.pdf Download (331kB) |
|
Text
932104414_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932104414_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932104414_BAB VI.pdf Download (706kB) |
|
Text
932104414_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pondok pesantren, Pendidikan Karakter Karakter merupakan hal yang sangat esensial dalam berbangsa, hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadiat (P3HM) Lirboyo merupakan pondok salaf yang sudah menerapkan sistem tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib dalam pendidikannya, dengan misi yang pertamanya yaitu Terwujudnya generasi islam yang berakhlaqul karimah dan berilmu. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana metode pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 2) Apa saja nilai-nilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri. Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh, mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola atau kategori. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan, member check dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri melalui pembiasaan, keteladanan, pembinaan disiplin peserta didik, dan kegiatan belajar kelompok. 2) nilainilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain nilai religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, gemar mambaca, komunikatif, tawadhu’ dan sopan santun. 3) faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo kota Kediri antara lain motivasi diri, tanggung jawab, pengajar yang berkompeten, serta amanah yang diemban pondok pesantren. Sedangakan faktor penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri, faktor usia santri, dan teman pergaulan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 03:25 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 03:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1814 |
Actions (login required)
View Item |