Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet

Solikhah, Siti (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206021_prabab.pdf

Download (753kB)
[img] Text
21206021_bab1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
21206021_bab2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
2120021_bab3.pdf

Download (434kB)
[img] Text
21206021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206021_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
21206021_daftar_pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
21206021_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21206021_ikha_copy.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan peserta didik dalam memahami mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan karena materi tersebut memiliki konsep yang bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat diamati secara langsung oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan multimedia pembelajaran interaktif Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS kelas V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Dalam model ADDIE terdapat lima tahapan yaitu 1) Analysis (analisis); 2) Design (perencanaan), 3) Development (pengembangan); 4) Implementation (implementasi); 5) Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality dinyatakan sangat layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli menunjukkan multimedia AR sangat layak digunakan dengan presentase 94%, 65%, dan 92%). Analisis hasil belajar menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pretest 37,6% naik menjadi 81% pada posttest. Nilai N-Gain sebesar 0,7440 (kategori tinggi) menandakan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Dalam hal ini, dapat disimpulkan, bahwa penggunaan multimedia pembelajaran berbasis AR efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. This research is motivated by the problems of students in understanding the subject of IPAS respiratory system material because the material has concepts that are abstract and cannot be seen directly by the eye, causing low student learning outcomes. Therefore, there is a need for learning media that can be observed directly by students. The purpose of this research and development is to (1) find out the procedure for developing interactive learning multimedia based on Augmented Reality in IPAS class V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet (2) find out the feasibility of interactive learning multimedia based on Augmented Reality in IPAS class V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet (3) find out the improvement of student learning outcomes using interactive learning multimedia based on Augmented Reality in IPAS class V MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet. This research uses a quantitative approach with the type of research that is research and development or R&D (Research and Development). The research and development model carried out in this study is the ADDIE model. In the ADDIE model there are five stages, namely 1) Analysis; 2) Design (planning), 3) Development (development); 4) Implementation (implementation); 5) Evaluation (evaluation). The results showed that Augmented Reality-based interactive learning multimedia was declared very feasible to use. This is evidenced by the results of expert validation showing AR multimedia is very feasible to use (percentage 94%, 65%, and 92%. Analysis of learning outcomes showed a significant increase, with an average pretest score of 37,6% rising to 81% on the posttest. The N-Gain value of 0.7440 (high category) indicates a significant increase in learning outcomes. In this case, it can be concluded, that the use of AR-based learning multimedia effectively improves student learning outcomes in grade V IPAS subjects.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI SOLIKHAH
Date Deposited: 30 Jul 2025 08:07
Last Modified: 30 Jul 2025 08:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item