Putri, Aisyah Azzahro Kurnia (2025) Pengembangan Minat Dan Bakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Program Vokasi Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205073_Prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21205073_BAB I.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
21205073_BAB II.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
21205073_BAB III.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
21205073_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205073_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
21205073_BAB VI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
21205073_Daftarpustaka.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
21205073_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
21205073_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (183kB) |
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, baik dari aspek akademik maupun non-akademik. Salah satu upaya untuk memfasilitasi potensi tersebut adalah melalui pendidikan keterampilan (vocational skill), terutama bagi peserta didik yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. MAN 1 Kota Kediri sebagai madrasah dengan program MA Plus Keterampilan menyediakan 9 jurusan vokasi yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat, dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui program vokasi dalam meningkatkan keterampilan peserta didik di MAN 1 Kota Kediri. Metode kualitatif yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara naratif untuk menggambarkan kondisi nyata di lapangan tanpa menggunakan angka statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan program vokasi dilakukan melalui pengenalan sejak awal pendaftaran, sosialisasi saat Matsama, pengisian angket minat, penempatan peserta didik, hingga MoU. Pembinaan dilakukan selama tiga tahun melalui pembelajaran teori dan praktik, magang, serta expo keterampilan. Evaluasi ketercapaian kompetensi peserta didik dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui ujian tulis guna mengukur kemampuan peserta didik dari segi teori, sedangkan teknik non tes dilakukan melalui ujian praktik guna menilai kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan keterampilan yang telah dipelajari. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas dan anggaran, madrasah tetap berupaya maksimal melalui pendampingan intensif kepada peserta didik. Kata Kunci : Minat dan bakat, keterampilan, program vokasi, MAN 1 Kota Kediri
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | AISYAH AZZAHRO KURNIA PUTRI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |