Nisa', Ihda Sholihatin (2025) Evaluasi Program SMK-PK (Pusat Keunggulan) Pada Keahlian Tata Kecantikan Di SMKN 3 Kota Kediri (Studi Evaluatif Model CIPP). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205089_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205089_BAB I.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
21205089_BAB II.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
21205089_BAB III.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
21205089_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21205089_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text
21205089_BAB VI.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
21205089_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
21205089_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
21205089_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (178kB) |
Abstract
Program SMK-PK (Pusat Keunggulan) merupakan inisiatif yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan industri. SMKN 3 Kota Kediri terpilih sebagai salah satu sekolah penyelenggara program ini, khususnya dalam bidang Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, guna mencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja di industri kecantikan yang berkembang pesat. Dengan adanya program ini, sekolah mendapatkan berbagai bantuan, mulai dari pengembangan kurikulum berbasis industri, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, hingga penyediaan fasilitas praktik yang sesuai dengan standar dunia kerja. Penelitian ini menggunakan model evaluatif CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap wakak kurikulum, kepala sekolah, guru, serta peserta didik di SMKN 3 Kota Kediri. Evaluasi dilakukan pada empat aspek utama: (1) konteks, terkait latar belakang dan relevansi program dengan kebutuhan industri; (2) input, mencakup sumber daya manusia, fasilitas, dan kurikulum; (3) proses, yang menilai implementasi pembelajaran serta kerja sama dengan industri; serta (4) produk, yang mengukur hasil akhir berupa kompetensi lulusan dan daya saing mereka di dunia kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek Context terkait Program SMK-PK Pada Keahlian Tata Kecantikan di SMKN 3 Kota Kediri dirancang untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan kebutuhan industri kecantikan. Tujuan program ini sudah relevan dengan tuntutan pasar kerja. Dari sisi input, fasilitas, tenaga pengajar, dan materi ajar dinilai memadai, adanya tambahan sarana praktikum serta pelatihan lanjutan bagi guru agar mampu mengikuti perkembangan industri terkini. Pada aspek process, dalam proses pembelajaran berlangsung interaktif dan berbasis praktik, serta pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) juga mendukung siswa untuk memperoleh pengalaman langsung di dunia industri, meskipun masih terdapat beberapa kendala, solusi telah disiapkan dan mulai diterapkan oleh SMKN 3 Kota Kediri. Pada aspek product, Program menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta didik sesuai standar industri. Prestasi di berbagai lomba kecantikan dan serapan lulusan ke dunia kerja juga meningkat. Kata Kunci: Evaluasi Program, SMK-PK, Tata Kecantikan, SMKN 3 Kota Kediri, Model CIPP.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | IHDA SHOLIHATIN NISA` |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:15 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |