Isfaiyah, Isfaiyah (2025) Pengelolaan program bilingual dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SDIT Al Azhar Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21205023_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21205023_bab1.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
21205023_bab2.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
21205023_bab3.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
21205023_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text
21205023_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
![]() |
Text
21205023_bab6.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
21205023_daftarpustaka.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
Lembar_Pernyataan_Persetujuan_Publikasi[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan bahasa asing dalam dunia pendidikan modern, khususnya dalam mendukung daya saing peserta didik dan membentuk citra lembaga pendidikan. SDIT Al-Azhar Kediri merupakan salah satu sekolah yang mengimplementasikan program bilingual dengan harapan dapat membekali siswa dalam penguasaan bahasa Inggris dan Arab serta membentuk persepsi positif di masyarakat. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengelolaan program bilingual melalui (1) tahap identifikasi program bilingual dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SDIT Al-Azhar Kediri, (2) desain program bilingual dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SDIT Al-Azhar Kediri, (3) implementasi program bilingual dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di SDIT Al Azhar Kediri, (4) evaluasi dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator program bilingual, guru bilingual, dan wali murid. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tahap identifikasi dilakukan berdasarkan kebutuhan akan peningkatan kualitas bahasa asing siswa sebagai bekal menghadapi tantangan global. (2) Pada tahap desain, perencanaan dilakukan dengan merumuskan tujuan program sesuai visi misi sekolah, menyusun kurikulum yang diperkaya kegiatan tambahan seperti English/Arabic Camp, serta merekrut guru dengan latar belakang bahasa sesuai bidang. Peserta didik diseleksi melalui tes minat dan kemampuan awal, dan sarana prasarana dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti AC, TV, dan loker. Pendanaan bersumber dari dana BOS dan SPP siswa, dengan penganggaran dilakukan secara berkala dan terstruktur. (3) Tahap implementasi mencakup pembentukan organisasi internal program bilingual, penjadwalan kegiatan belajar yang intensif dan terstruktur, serta mobilisasi sumber daya guru, sarana, dan materi ajar. (4) Tahap evaluasi dilakukan secara rutin setiap bulan melalui rapat internal dan diskusi guru, serta evaluasi menyeluruh tiap akhir semester bersama pihak yayasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ISFAIYAH ISFAIYAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |