PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECOBOOK FUNTALE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI MA’ARIF NU INSAN CENDEKIA BETET

Rachmi, Sinta Nuriya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECOBOOK FUNTALE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI MA’ARIF NU INSAN CENDEKIA BETET. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21206096_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206096_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
21206096_bab1.pdf

Download (814kB)
[img] Text
21206096_bab2.pdf

Download (847kB)
[img] Text
21206096_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
21206096_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206096_bab5.pdf

Download (713kB)
[img] Text
21206096_daftarpustaka.pdf

Download (679kB)
[img] Text
21206096_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sinta Nuriya Rachmi, Dosen pembimbing Dewi Agus Triani, M.Pd.I , Dr. Yulianti Yusal, M.Pd. Pengembangan Media Pembelajaran Ecobook Funtale Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran I PAS Kelas V MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci: Pengembangan, Ecobook Funtale , Hasil Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, menyatakan bahwa pendidikan menjadi syarat utama dalam proses tumbuh kembang anak. Sedangkan menurut Dewey, pendidikan adalah proses pertumbuhan dan proses sosialisasi dari anak Pemahaman peserta didik terhadap materi jaring jaring makanan masih rendah, berdampak pada hasil belajar mereka. Metode pe mbelajaran yang terlalu teoritis dan minim praktik membuat peserta didik kurang terlibat aktif, sehingga sulit memvisualisasikan konsep. K urangnya media pembelajaran interaktif semakin memperburuk hasil belajar mereka. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, kelayakan serta keefektifan media pembelajaran Ecobook Funtale untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di MI M a’arif NU Insan Cendekia Betet Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahap yaitu (Analysissis, Design, Development, Implemnetation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan teknik analis is data yang digunakan untuk mengukur hasil kelayakan media pembelajaran yaitu menggunakan skala likert. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, peneliti menggunakan uji N Gain, uji normalitas, dan juga uji wilcoxon untuk mengetahui apakah media yang dikembangkan efektif atau tidak dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Ecobook Funtale ini menunjukkan bahwa pada saat proses pengembangan tahap awal yaitu peneliti melakukan kajian terhadap analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan juga analisis karakteristik peserta didik. Lanjut pada tahap desain, di mana peneliti mulai menyusun konsep dan desain awal. Tahap berikutnya adalah pengembang an, di mana media yang telah di desain telah berbentuk produk yang siap diuji kepada validator ahli. Setelah melakukan revisi produk, maka melanjutkan tahap implementasi yang mencakup uji coba dal am skala kecil dan skala besar. Tahap terakhir yaitu evaluasi, di mana peneliti melakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh. Hasil validasi pertama media Ecobook Funtale mencapai 94%, sedangkan validasi kedua 100%. Validasi dari ahli materi memperoleh 96%. Skor rata rata posttest hasil belajar sebesar 85,6%, lebih tinggi dibandingkan pretest yang mencapai 74,6%. Uji N Gain menunjukkan peningkatan skor sebesar 0,43 dalam kategori “sedang”. Pada h asil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,00 0 (<0,05), sehingga hipotesis diterima dan terdapat perbedaan signifikan antara skor hasil belajar pretest dan posttest .

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SINTA NURIYA RACHMI
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:30
Last Modified: 01 Jul 2025 04:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17844

Actions (login required)

View Item View Item