Cholifah, Dewi irma ummu (2024) Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Di MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20201142_pra bab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20201142_bab 1.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
20201142_bab 2.pdf Download (568kB) |
![]() |
Text
20201142_bab 3.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
20201142_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20201142_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text
20201142_bab 6.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
20201142_daftar pustaka.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
20201142_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20201142_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (106kB) |
Abstract
Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) banyak anak yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik yang sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf. Permasalahan seperti ini penulis temukan di MIN 1 Kediri dimana hanya beberapa peserta didik yang lancar membaca al-Qur’an dengan baik, sementara yang lain masih terkendala akan panjang pendek, kapan harus berhenti, kapan harus terus dan belum mengerti arti dari tanda baca yang ada pada al-Qur’an. Suatu lembaga pendidikan pasti menginginkan siswa lulusannya memiliki kulitas yang bagus dalam bidang akademik maupun non akademik. Tidak hanya itu, lembaga berbasis keislaman pasti menginginkan siswanya unggul dalam bidang keagamaan salah satunya bisa membaca al-Qur’an dengan baik dengan memperhatikan tajwid dan makharijul huruf. Berdasarkan permasalahan diatas fokus penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri, Apa saja kendala metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri, serta solusi metode ummi dalam meningkatkan kemapuan membaca siswa di MIN 1 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri, Mendeskripsikan Kendala dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri, dan Mendeskripsikan solusi kendala meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 sampai bulan Juni 2024. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MIN 1 Kediri dilaksanakan dengan 7 tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup. 2) Kendala yang dialami ketika menerapkan metode ummi yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda membuat guru ummi kesulitan untuk mencapai target. 3) Solusi kendala menerapkan metode ummi yaitu ketika terdapat anak yang kemampuannya kurang maka guru memberikan jam pelajaran tambahan kepada siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DEWI IRMA UMMU CHOLIFAH |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |