PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUPPI (GERAKAN USAHA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM) KUWIK KUNJANG KEDIRI

ILAHI, ISNA PUTRI NUR (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GUPPI (GERAKAN USAHA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM) KUWIK KUNJANG KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109714_PRA BAB.pdf

Download (429kB)
[img] Text
932109714_BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
932109714_BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932109714_BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932109714_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932109714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
932109714_BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932109714_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci :Peningkatan Mutu, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan karena krisis akhlaq yang menerpa pada sebagian besar lapisan masyarakat. Tidak terkecuali juga pada anak-anak sekolah. Untuk mencegah lebih parahnya krisis akhlak tersebut, tentu tidak lepas dari peran kepala sekolah untuk mengatasi segala problem yang ada, perlunya perhatikan melalui lembaga pendidikan. Penelitian dilaksanakan di SMP GUPPI kuwik Kunjang Kediri sebab, merupakan salah satu lembaga pendidikan Formal di Tingkat Sekolah Menengah Pertama yang masih terus bertahan di tengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga penemuan yaitu 1) Pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam siswa SMP GUPPI Kunjang kediri: a. Dilaksanakan dengan cara kegiatan peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui pembiasaan disekolah b. Evaluasi untuk penilaian peningkatan mutu pendidikan agama Islam dengan nilai pendidikan agama Islam yang telah diintegrasikan. Jadi, guru tidak membuat format penilaian khusus cara menilai karakter dan religius siswa. d. Guru menilai karakter dan religius siswa diluar kelas. 2) Faktor pendukung: a. Adanya program edukasi “ubuiyah” b. sarana prasarana yang memadai c. Lingkungan sekolah yang kondusif d. Guru bersikap ramah, disiplin, tegas dan santun kepada siswa. 3) Upaya untuk meningkatkan pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan agama Islam SMP GUPPI Kunjang Kediri a. Mengikut sertakan guru-guru dibidangnya untuk mengikuti penataran-penataran b. Guru selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa c. Melakukan konseling terhadap siswa d. Mengadakan kerjasama dengan wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:37
Last Modified: 16 Nov 2020 04:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item